Ekonomi BisnisBI dan Polda Jateng Sepakat Perangi Kejahatan di Bidang...

BI dan Polda Jateng Sepakat Perangi Kejahatan di Bidang Sistem Pembayaran

-

- Advertisment -spot_img

Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono (kiri), Kepala Group Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi Kantor BI Wilayah Jawa Tengah, Noor Yudanto, Direktur Reskrimsus Polda Jateng, Kombes Pol Hendra Suhartiyono dan Kepala KpwBI Jateng, Hamid Ponco Wibowo dalam perjanjian kerja sama Penanggulangan Pelanggaran dan/atau Tindak Pidana di Bidang Sistem Pembayaran di Provinsi Jateng, Jumat (8/2).

SEMARANG- Bank Indonesia bersama Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah sepakat untuk terus memerangi kejahatan di bidang sistem pembayaran.

Kesepakatan diwujudkan dengan dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama Penanggulangan Pelanggaran dan/atau Tindak Pidana di Bidang Sistem Pembayaran antara Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KpwBI) Provinsi Jawa Tengah bersama Kepolisian Daerah Jawa Tengah.

Perjanjian kerjasama ditandatangani langsung oleh Kepala Group Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi Kantor BI Wilayah Jawa Tengah, Noor Yudanto dan Direktur Reskrimsus Polda Jateng, Kombes Pol Hendra Suhartiyono, di Hotel Patra Semarang, Jumat (8/2).

Noor Yudanto mengatakan, perjanjian kerja sama ini dibentuk karena masih maraknya pelanggaran dan tindak pidana di bidang Sistem pembayaran (PTPSP) seperti penemuan uang palsu, KUPVA BB yang beroperasi tanpa izin Bank Indonesia, serta penggunaan valas untuk transaksi di dalam negeri dan Iain sebagainya.

Selain itu, kata dia belum terdapatnya data atau informasi yang terintegrasi terkait dengan PTPSP menyebabkan upaya penanggulangannya menjadi kurang optimal.

“Menjawab tantangan serta meningkatkan koordinasi kerja sama yang bersifat teknis dalam menanggulangi PTPSP itu, KPwBl Provinsi Jawa Tengah dan Kepolisian Daerah Jawa Tengah menginisiasi Perjanjian Kerja Sama yang di dalamnya terdapat pembentukan Tim Penanggulangan Pelanggaran dan/atau Tindak Pidana di Bidang Sistem Pembayaran (TP2PSP),” ujar Noor Yudanto.

Adapun cakupan koordinasi penanganan tindak pidana di bidang sistem pembayaran tersebut meliputi, instrumen pemindahan dana dan penarikan dana (cek dan bilyet giro), transfer dana alat pembayaran dengan menggunakan kartu (Kartu ATM/Debet/Kredit), uang elektronik, penyediaan dan penyetoran uang rupiah, penyelenggaraan SP lain yang ditetapkan dalam ketentuan BI al.KUPVA BB, penyelenggara transfer dana dan fintech.

Dilanjutkan, guna mengoptimalkan kerjasama itu, koordinasi akan dilakukan baik di tingkat provinsi, maupun tingkat kab/kota se Jateng, dengan membentuk TP2TPSP pada tingkat kabupaten dan kota serta kesekretariatan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBl) Solo, Tegal dan Purwokerto.

Pihaknya berharap terbentuknya TP2TPSP itu dapat mempercepat koordinasi dalam rangka pelaksanaan pencegahan dan penanganan pelanggaran tindak pidana di bidang sistem pembayaran.

Meski demikian, pembentukan TP2TPSP ini diakuinya masih memiliki tantangan ke depan, diantaranya sinkronisasi kebijakan antar lembaga, penguatan landasan hukum, penguatan kapasitas SDM, kompleksitas kejahatan di bidang sistem pembayaran, perluasan cakupan wilayah koordinasi serta penyepurnaan nota kesepahaman dan turunannya.

“Kami berharap masyarakat agar selalu berhati-hati dalam bertransaksi khususnya secara online dan melaporkan ke Bank Indonesia apabila menemukan uang yang diragukan keasliannya,” tandasnya.

Sementara Direktur Reskrimsus Polda Jateng, Kombes Pol Hendra Suhartiyono menyambut baik sinergi antara BI dan Polda Jateng tersebut. Pihaknya yakin dengan kerjasama itu akan dapat mewujudkan kelancaran keuangan di Jateng yang baik.

“Ke depan kami akan melakukan evaluasi per semester apa tindakannya. Kita cari solusi sehingga bisa ditindaklanjuti,” jelasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Lebih Dari 20 Ribu Pelanggan Manfaatkan Promo Tambah Daya PLN

JAKARTA – Program promo tambah daya listrik “Ramadan Peduli“ dan "Ramadan Berkah" disambut baik oleh pelanggan. Hingga 16 Mei...

ARTUGO Luncurkan Peranti Dapur Dengan Spesifikasi Istimewa

*Dukung Wirausaha Pemula TANGERANG- Diujung semester pertama tahun 2021, ARTUGO kembali meluncurkan sederet peranti dapur terbarunya. Tak tanggung – tanggung,...

Pertamina Berbagi Berkah Bulan Ramadhan

*Bantu Sarana Prasarana Panti Asuhan di Jateng-DIY SEMARANG– Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah menjalankan program...

Lebaran di Pekalongan Aja Menginap di Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Lebaran Sebentar lagi. Hari yang di identikan dengan kemenangan umat muslim di seluruh dunia yang selalu di...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Pertamina Siagakan Agen dan Pangkalan LPG

*Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H SEMARANG– Menyambut Idul Fitri 1442 H, Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah menetapkan...

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda