Ekonomi BisnisBI Jateng Perluas Distribusi Uang Layak Pakai ke Pelosok...

BI Jateng Perluas Distribusi Uang Layak Pakai ke Pelosok Desa

-

- Advertisment -spot_img

Kepala BI Jateng, Soekowardojo saat memberikan sambutan dalam kegiatan perjanjian kerjasama program BI Jangkau dengan sejumlah perbankan di Jateng, Kamis (20/2/20).

SEMARANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Jawa Tengah mengoptimalkan distribusi uang layak pakai ke pelosok desa-desa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Optimalisasi pelayanan uang layak pakai tersebut dilakukan melalui program “BI Jangkau” dengan mengandeng sejumlah perbankan dan BPD.

Kepala BI Jateng, Soekowardojo mengatakan, melalui kerjasama dengan sejumlah perbankan tersebut masyarakat dapat menukarkan uangnya ke seluruh kantor perbankan di wilayah Jateng hingga ke kantor cabang masing-masing daerah.

Adapun kerjasama telah dilakukan dengan sejumlah perbankan seperti Bank BRI, BNI, Mandiri dan BPD Jateng.

“BI mendorong masyarakat menukarkan uangnya di lokasi penukaran resmi atau melalui walk in customer di masing- masing Kantor Cabang Perbankan untuk mencegah risiko uang palsu dan untuk menjaga kualitas uang,” kata Soekowardojo, Kamis (20/2/20).

Dia mengatakan, pada tahap awal telah ditetapkan tiga wilayah sebagai pilot project BI Jangkau yaitu Kabupaten Wonosobo, Rembang, dan Jepara karena ketiga daerah tersebut mempunyai wilayah yang terkategori 3T (Terdepan, Terluar dan Terpencil).

Dia menambahkan, secara regional di tahun 2020 BI menyiapkan uang tunai sebesar Rp 84,5 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Jateng, meningkat 20% dari tahun 2019.

“Di wilayah KPwBI Provinsi Jawa Tengah, kami menyiapkan uang tunai sebesar Rp 42,3 Trilyun atau mengalami peningkatan sebesar Rp 8,4 triliun (setara 25%) dibandingkan dengan tahun lalu,” jelasnya.

Sementara itu, lanjutnya untuk menghadapi era digitalisasi, BI mengajak perbankan bersinergi mendorong elektronifikasi dengan berperan aktif mensosialisasikan dan mengedukasi customer korporasi di masing-masing melalui penggunaan uang elektronik. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Indosat Ooredoo Luncurkan Layanan 5G Pertama di Solo

SOLO– PT. Indosat Tbk (Indosat Ooredoo), perusahaan telekomunikasi digital terkemuka di Indonesia, mengumumkan peluncuran layanan 5G komersial pertama di...

Bea Cukai Semarang Amankan Rokok Ilegal

SEMARANG – Bea Cukai Semarang berhasil mengamankan jutaan batang rokok ilegal yang dibaurkan dengan rongsok botol plastik bekas di...

CCEP Salurkan Donasi Untuk Pemulihan Masyarakat Terdampak Bencana Di NTT

SEMARANG – Coca-Cola Europacific Partners (CCEP) Indonesia kembali memberikan donasi kepada masyarakat terdampak bencana di provinsi NTT melalui Badan...

Hotel Santika Pekalongan Tawarkan Menu Makan Sehat Tanpa Pengawet

PEKALONGAN - Makanan yang sehat tanpa  zat penyedap maupun pengawet mulai dilirik oleh sebagian masyarakat kita. Pola makan yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

LG PuriCare 360° Air Purifier Tawarkan Pembersihan Udara

*Inovasi Jangkauan Lebih Luas Melingkupi Ruang JAKARTA - PT. LG Electronics Indonesia (LG) mengumumkan dimulainya pemasaran air purifier (pemurni udara)...

Ganjar Kunjungi Pabrik Samator, Pastikan Stok Aman

KENDAL  – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo begitu serius untuk mengamankan pasokan oksigen untuk rumah sakit rujukan di Jawa...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda