Ekonomi BisnisBI Pertemukan 71 UMKM Jateng dengan Pelaku Bisnis Internasional

BI Pertemukan 71 UMKM Jateng dengan Pelaku Bisnis Internasional

-

- Advertisment -spot_img

Salah satu tenant UMKM batik dalam kegiatan pameran UMKM Go Global dan Go Digital BI di Museum Lawang Sewu, Kota Semarang, Jumat (1/11/19).

SEMARANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah mengadakan pameran UMKM Jawa Tengah Go Global dan Go Digital di Museum Lawang Sewu, Kota Semarang.

Pameran yang dihelat mulai 1-3 November 2019 ini mempertemukan 71 pelaku UMKM di Jateng dengan aggregator yang memiliki pasar di Eropa, Amerika, Jepang, dan Timur Tengah.

Adapun peserta pameran merupakan UMKM se-Jawa Tengah yang terdiri dari UMKM binaan KPwBI BI Jateng, UMKM binaan KPwBI wilayah kerja Jawa Tengah (Solo, Tegal, dan Purwokerto), UMKM binaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait se-Jawa Tengah, dan UMKM binaan BUMN/Perbankan/Asosiasi.

Kepala Kantor Perwakilan BI Jateng, Soekowardojo mengatakan, melalui kegiatan tersebut pelaku UMKM Jawa Tengah diharapkan dapat memperoleh pengetahuan mengenai ekspor, mulai dari perbaikan standar kualitas produk, regulasi, promosi, dan akses pasar ekspor.

“Kami telah menghubungi beberapa KBRI, Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Luar Negeri, KADIN dan HIPMI untuk dapat menghubungkan potential buyer dengan UMKM peserta pameran ini,” ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Jateng, Soekowardojo, Jumat (1/11/19).

“Kami pastikan bahwa katalog produk UMKM Jateng sudah tersebar di berbagai belahan dunia,” sambungnya.

Dijelaskan, produk yang ditampilkan adalah produk premium ekspor atau potensi ekspor dengan kategori fashion, kain tradisional, makanan/minuman, produk kerajinan, dan kopi.

Ia menargetkan kegiatan tersebut dapat meraih transaksi pameran hingga Rp 500 juta per hari dan mampu mendatangkan 10 ribu pengunjung.

“Kami targetkan transaksi pameran Rp 500 juta per hari, kemudian transaksi bisnis kontraknya mencapai 100 ribu dolar,” jelasnya.

Sementara itu, dalam kegiatan tersebut nantinya untuk mekanisme pembayaran akan dilakukan dengan kanal QR Code payment yang menggunakan QRIS (QR Code Indonesia Standart). (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Wartawan Dan Polresta Banyumas Bagikan Paket Sembako

PURWOKERTO - Covid 19 bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu, baik usia muda, dewasa maupun tua. Virus yang mematikan...

JNE dan Dompet Kemanusiaan Media Group Kirim Tabung Oksigen Gratis ke RSUP Kariadi Semarang

SEMARANG – Pandemi Covid-19 di Indonesia masih belum berakhir dan dampak yang ditimbulkan hingga saat ini sangat berpengaruh besar...

Telkomsel Ajak Masyarakat Lakukan #YangKitaBisa

JAKARTA – Sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang tengah menghadapi pandemi, Telkomsel berupaya untuk menempatkan diri berdampingan bersama masyarakat...

Komunitas Tionghoa Semarang Bagikan Sembako untuk Warga Terdampak PPKM Darurat

SEMARANG - Perserikatan Organisasi Indonesia Tionghoa (PORINTI) Kota Semarang membagikan sembako kepada warga terdampak PPKM Darurat. Pembagian tersebut dilakukan bersama...
- Advertisement -spot_imgspot_img

90% Dikorbankan, Efektifkah PPKM?

SEMARANG - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jateng menilai, sejumlah Kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 yang sudah terjadi...

Brantas Abipraya Gelar Vaksin COVID-19 Gratis

JAKARTA - Pandemi COVID-19 belum berakhir, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menekan laju penularan virus ini. Guna menyokong...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda