Binus Jadi Satu-satunya Kampus di Jawa Tengah Usung Teknologi Revolusi Industri 4.0

0
Binus Jadi Satu-satunya Kampus di Jawa Tengah Usung Teknologi Revolusi Industri 4.0.

 

SEMARANG – Revolusi Industri 4.0, yang ditandai oleh kolaborasi antara teknologi siber dan otomatisasi, telah membawa perubahan signifikan di berbagai sektor, termasuk pendidikan dan bisnis.

Hadirnya Binus University di Kota Semarang dalam mewujudkan SDM Unggul di Era Revolusi Industri 4.0, telah terbukti dengan hadirnya ratusan mahasiswa, berbagai kerjasama strategis dengan partner industry, dan karya-karya inovatif yang dihasilkan. Kini Binus University Semarang terus memperkuat komitmennya untuk SDM unggul yang dapat bersaing dalam Revolusi Industri 4.0 dengan menghadirkan gedung kampus yang baru.

“BINUS UNIVERSITY menghadirkan pendidikan berkelas dunia yang memberikan keterampilan yang relevan, dengan kebutuhan industri di masa kini dan masa mendatang,” ujar Rektor Binus University, Dr Nelly, S.Kom., M.M., CSCA hari ini Jumat (2/2/24).

Vice President of Binus Higher Education, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M menambahkan, mahasiswa Binus University akan menjalani masa studi yang singkat hanya 2.5 tahun.

“Pada masa studi tersebut, mahasiswa dipersiapkan untuk berkarier lebih awal, baik itu di perusahaan global atau sebagai entrepreneur, maupun di bidang riset, studi lanjut, pengembangan komunitas, hingga berkarier di luar negeri,” ungkap Prof. Harjanto Prabowo.

Ia mengatakan, dukungan sistem pembelajaran ini diperkuat oleh kampus baru BINUS University @Semarang yang memiliki konsep Eco Green Technology Industry 4.0 Campus, yang menyediakan fasilitas pendukung pembelajaran untuk memanfaatkan teknologi sebagai bagian dari kurikulum.

Binus University Semarang juga memiliki keunikan dengan menghadirkan Minor Program Metaverse for Business, serta berbagai fasilitas seperti Lab AR/VR, Lab Metaverse, Lab Content Creation. BINUS UNIVERSITY @Semarang mengadopsi pembelajaran Multi-Channel Learning dan Multi Campus.

“Saat ini, kita harus dapat bersinergi dan bekerjasama untuk dapat menghasilkan SDM yang unggul. Harapannya BINUS dapat menjadi role model di bidang pendidikan di Jawa Tengah, khususnya di kota Semarang,” jelas Kepala LLDIKTI VI Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H.

Binus University Semarang Campus Director, Dr. Ir. Boto Simatupang, MBP menjelaskan, Binus akan memperkuat komunitas urban di Semarang, komunitas yang inovatif, handal dalam pemanfaatan teknologi, namun tetap memiliki kepekaan sosial dan semangat berdampak bagi masyarakat.

“Semua kampus Binus University termasuk Binus University Semarang menerapkan sistem akademik, fasilitas, dan kualitas dosen dengan standar yang sama, sebagai wujud komitmen untuk membina dan memberdayakan masyarakat melalui pendidikan,” jelasnya.

Binus University Semarang berkomitmen membangun talenta unggul di Jawa Tengah dan sekitarnya. Melalui program studi seperti Computer Science, Information Systems, Industrial Engineering, Visual Communication Design, dan Digital Business, Binus University @Semarang mengintegrasikan teknologi Revolusi Industri 4.0 dalam pembelajaran. Mahasiswa juga diberikan pengalaman multi-campus, memungkinkan mereka untuk kuliah di kampus BINUS yang berada di kota lain.

Melalui Enrichment Program yang mencakup pilihan track seperti Internship, Entrepreneurship, Research, Community Development, Study Abroad, Further Study, dan Specific Independent Study, BINUS University @Semarang berusaha mendorong percepatan penyerapan SDM yang berkualitas, siap berkarya, dan memberikan manfaat di era penuh tantangan ini.

Pengalaman Era Revolusi Industri 4.0 turut diwujudkan dalam gelaran IDEX (Industry Revolution Experience) yang diselenggarakan pada tanggal 31 Januari hingga 3 Februari 2024 di Kampus BINUS University @Semarang, menjadi bukti konkret dari komitmen ini.

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan