Ekonomi BisnisBisnis Hotel di Kota Semarang Ikut Terdampak Virus Corona

Bisnis Hotel di Kota Semarang Ikut Terdampak Virus Corona

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Bisnis hotel di Kota Semarang ikut terkena dampak penyebaran virus corona, yang sudah masuk ke Indonesia. Okupansi sejumlah hotel di Ibu Kota Jawa Tengah ini pun mengalami penurunan cukup signifikan.

Sales Executive Citra Dream Hotel Semarang, Vincentia Litha mengatakan, okupansi hotel tempatnya bekerja telah mengalami penurunan akibat merebaknya virus tersebut.

“Sangat berpengaruh, okupansi kami mengalami penurunan sampai 20 persen. Padahal jika dilihat dari data tahun lalu, dibulan yang sama okupansi hotel diangka 70 persen. Saat ini okupansi hanya diangka 50 persen,” katanya, Kamis (12/3/20).

Dia mengatakan, imbas virus tersebut mulai sangat terasa pada minggu terakhir pada Februari lalu. Padahal Januari hingga pekan ketiga Februari belum ada dampak signifikan.

“Beberapa biro travel pun ada yang membatalkan pesanan, padahal mayoritas tamu kami 50 persennya berasal dari biro travel,” ucapnya.

Public Relations Hotel Ciputra Semarang, Shela Tiara mengemukakan, virus tersebut juga membuat event yang sudah direncanakan terpaksa ditunda. Keputusan dilakukan dengan alasan peningkatan kewaspadaan dan meminimalisir resiko terkena virus tersebut.

“Ada beberapa institusi yang memilih menunda pelaksanaan acaranya di Semarang,” jelasnya.

Penurunan okupansi dialami pula di Hotel Ciputra Semarang, yang biasanya menjadi jujukan kalangan ekspatriat untuk menginap.

“Misalnya tamu dari Cina dan Jepang, saat ini sangat berkurang, belum lagi dari negara lainnya. Jumlah tamu ekspatriat sebesar 10 sampai 15 persen dari total okupansi,” katanya.

Untuk mengantisipasi virus tersebut, pihak hotel selalu memberikan himbauan kepada para tamu yang menginap jika merasakan tidak enak badan untuk menghubungi pihak hotel.

Hotel Ciputra memberikan layanan dokter on call selama 24 jam, sehingga tamu yang sakit bias terlayani dan tertangani dengan baik. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...

XL Axiata Luncurkan Paket Keluarga ‘AKRAB’

*Berbagi Kuota, Berbagi Kebersamaan JAKARTA- Menyambut bulan Ramadan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meluncurkan produk inovatif yang bisa mempererat...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Realme 8 dan 8 Pro Kini Hadir di Semarang dan Yogyakarta, Dijual Mulai Rp 3,5 Jutaan

SEMARANG – Realme, merek smartphone Favoritnya Anak Muda mulai meluncurkan realme 8 dan 8 Pro, realme Buds Air 2...

Sido Muncul Sumbang Rp500 Juta Korban Banjir NTT Lewat Kemensos

JAKARTA- Banjir bandang yang melanda Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Minggu (4/4/2021), telah menelan ratusan korban...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda