Ekonomi BisnisBPJS Kesehatan Bersama Jasa Raharja Luncurkan Aplikasi 'Insiden', Ini...

BPJS Kesehatan Bersama Jasa Raharja Luncurkan Aplikasi ‘Insiden’, Ini Manfaatnya

-

- Advertisment -spot_img

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang, Agus Purwono, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Semarang, Istianti, dan Kepala Kantor Perwakilan PT Jasa Raharja Tingkat 1 Kota Semarang, Yoga Sasongko, sesaat setelah menjelaskan aplikasi Integrated System For Traffic Accidents (Insiden) kepada wartawan, Rabu (3/7).

SEMARANG – BPJS Kesehatan bekerja sama dengan PT Jasa Raharja meluncurkan aplikasi Integrated System For Traffic Accidents (Insiden). Aplikasi ini memberikan kemudahan kepada peserta terutama dalam kasus kecelakaan lalu lintas agar cepat tertangani.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Semarang, Agus Purwono mengatakan, sistem aplikasi ini mempermudah peserta serta koordinasi antara BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja pascakecelakaan lalu lintas.

Jika sebelumnya keluarga korban harus melapor ke Kantor BPJS Kesehatan dan Kantor Jasa Raharja terlebih dahulu untuk mengurus administrasi penjaminan, maka dengan aplikasi Insiden cukup melaporkan ke unit laka lantas (kepolisian), setelah itu seluruhnya sudah ditangani secara sistem.

“Jika keluarga pasien cepat melapor ke polisi, maka tidak lebih dari satu jam pasien bisa langsung tertangani, tanpa perlu lagi datang ke Kantor BPJS Kesehatan dan Jasa Raharja untuk mengurus administrasi penjaminan,” katanya, Rabu (3/7/19).

Dikatakan, melalui sistem yang terintegrasi bernama Insiden tersebut, maka proses koordinasi manfaat antara BPJS Kesehatan dengan PT. Jasa Raharja (Persero) menjadi lebih mudah, cepat, tepat, dan akurat dalam rangka perwujudan percepatan reformasi birokrasi penjaminan terhadap korban kecelakaan lalu lintas.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Semarang, Istianti menambahkan, tidak hanya pasien dan keluarga pasien yang diuntungkan tetapi juga pihak rumah sakit karena Insiden memberikan informasi penjaminan korban kecelakaan lalu lintas.

“Rumah sakit bisa tenang dan cepat bertindak karena ada yang menjamin. Jika kecelakaan tunggal dan tidak dijamin oleh PT Jasa Raharja, maka biaya dijamin oleh BPJS Kesehatan. Sementara jika hasil laporan kepolisian merupakan kecelakaan lalu lintas dan ditanggung oleh Jasa Raharja, maka BPJS Kesehatan akan menanggung setelah batas plafon terlampaui,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan PT Jasa Raharja Tingkat 1 Kota Semarang, Yoga Sasongko menambahkan, pada sistem integrasi ini pihaknya memberikan batas plafon Jasa sebesar Rp 20 juta dengan batas pengajuan klaim enam bulan sejak kecelakaan,” imbuhnya.

Aplikasi Insiden, lanjutnya, mengakomodir kesulitan-kesulitan sebelumnya dan perawatan menjadi terjamin. Namun, Jasa Raharja tidak menanggung korban yang mengalami laka tunggal plat hitam, korban kecelakaan lalu lintas tetapi terlibat kejahatan, kecelakaan karena mengemudi dalam keadaan mabuk, kecelakaan karena terlibat huru hara seperti pada saat demonstrasi menggendarai sepeda motor dan terjatuh. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Komisaris Utama Pertamina Patra Niaga Tinjau Kesiapan Sarfas Pertamina

SEMARANG - Guna memastikan seluruh kegiatan operasi dan layanan kepada masyarakat berjalan dengan lancar di tengah kondisi pandemi, Komisaris...

PLN Berikan Gerobak Motor Listrik Kepada UKM, Tingkatkan Produktivitas

SEMARANG – PLN memberikan bantuan gerobak motor listrik kepada para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Jawa Tengah...

SWI Minta Masyarakat Waspadai Penawaran Aset Kripto

JAKARTA - Satgas Waspada Investasi (SWI) meminta masyarakat untuk mewaspadai penawaran investasi aset kripto yang saat ini marak agar...

PGN Siap Kembangkan Pasar Gas Bumi Jawa Tengah

JAKARTA - Dalam rangka mewujudkan penyediaan gas bumi untuk Jawa Tengah, PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina menandatangani...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Subholding Gas Pertamina Raih ISO 55001

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sebagai Subholding Gas Pertamina berhasil mendapatkan sertifikat ISO 55001: Sistem Manajemen...

Menuju HUT ke-65 Astra, Kobarkan Semangat Bergerak dan Tumbuh Bersama

JAKARTA - Menuju hari ulang tahun (HUT) ke-65 pada 20 Februari 2022, hari ini (1/12) Astra meluncurkan logo HUT...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda