BPS dan OPD di Jateng Sepakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen dan Kepala BPS Provinsi Jateng, Sentot Bangun Widoyono beserta seluruh OPD dalam Rapat Koordinasi Daerah Persiapan Sensus Penduduk 2020 di Hotel Best Western Premium Solo baru, Sukoharjo, Senin (9/12/19).

SUKOHARJO – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Jateng menandatangani kerjasama untuk menyukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020.

OPD yang meneken kerja sama pada Rapat Koordinasi Daerah Persiapan SP2020 di Sukoharjo yakni Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informatika, serta Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Jateng.

Kepala BPS Jateng Sentot Bangun Widoyono mengatakan, komitmen bersama ini penting mengingat metode yang digunakan dalam sensus penduduk 2020 berbeda daripada sensus sebelumnya, yakni dengan metode kombinasi dan sistem sensus online.

“Ini sebagai konsolidasi antara BPS Jateng dengan pemerintah daerah terkait perubahan implementasi dan tantangan dalam pelaksanaan sensus nanti,” kata Sentot dalam Rakorda Persiapan Sensus Penduduk 2020 di Hotel Best Western Premier Solo Baru, Kabupaten Sukoharjo, Senin (9/12/19).

Dijelaskan, tolok ukur kesuksesan sensus kali ini berada di dua titik, yaitu pada saat sensus penduduk online (SPO) dan ketika sensus penduduk wawancara (SPW).

Adapun sensus online akan dilaksanakan pada Februari – Maret 2020. Sedangkan pendataan secara langsung dengan menyebar petugas door to door dilaksanakan Juli 2020.

“Kesuksesan sensus penduduk 2020 berada di dua titik yakni saat sensus online dan saat wawancara. Diharapkan petugas tidak hanya fokus menjaring sejumlah besar masyarakat, namun menjaga isian data tetap valid menjadi yang utama,” jelasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here