Dinkes Jateng Siap Kirim Tenaga Kesehatan Bantu Korban Gempa Palu

SEMARANG- Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah siap mengirimkan tenaga kesehatan untuk membantu masyarakat korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng, Yulianto Prabowo mengatakan, saat ini Dinkes Jateng telah menyiapkan enam tenaga kesehatan yang terdiri dari tenaga dokter, perawat, bidan hingga tenaga konseling.

“Sudah kita siapkan semua mulai dokter, perawat, bidan, tenaga masyarakat, dan tenaga konseling. Semua siap membantu,” kata Yulianto, Senin (1/10).

Yulianto mengemukakan, selain tenaga kesehatan, Dinkes Jateng juga siap mengirimkan bantuan obat-obatan jika memang kebutuhan obat yang disalurkan kementerian kesehatan mengalami kekurangan.

“Logistik seperti obat-obatan kami prinsipnya membantu apabila kurang, Karena dari kementerian kesehatan obat saat ini sudah cukup,” jelasnya.

Yulianto menambahkan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi untuk rencana pengiriman bantuan. Pihaknya menyebut jika nantinya diminta personil tambahan, Dinkes Jateng akan segera menyiapkan personil sesuai yang dibutuhkan.

“Ini bagian tim, sementara diminta persiapan 6 personil. Nanti ketika meminta tambahan lagi akan disiapkan kembali,” jelasnya.

Sementara, akibat Gempa 7,4 magnitudo dan tsunami yang mengguncang Donggala dan Palu, mengakibatkan ratusan bangunan dan fasilitas publik hancur.

Korban tewas akibat kejadian itu, saat ini mencapai 832 orang. Korban tewas yang ditemukan akan dimakamkan secara massal karena pertimbangan kesehatan. Mereka yang dimakamkan setelah bisa diidentifikasi. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here