Ekonomi BisnisDisperindag Minta Pedagang Pasar Turunkan Harga Bawang

Disperindag Minta Pedagang Pasar Turunkan Harga Bawang

-

- Advertisment -spot_img

Kepala Disperindag Kota Semarang, Fajar Purwoto (tengah) saat melakukan sidak di sejumlah pasar modern di Kota Semarang, Senin (13/5/19).

SEMARANG – Dinas Perdagangan Kota Semarang meminta sejumlah pasar modern di Kota ini menurunkan harga bawang putih maupun merah agar sesuai dengan harga di pasar yang berlaku.

Permintaan tersebut menyusul temuan Disperindag Kota Semarang saat melakukan sidak di pasar modern Giant di Jalan Jenderal Sudirman, Karangayu dan Super Indo di Jalan Siliwangi, Salaman Mloyo dan Pasar tradisional Karangayu Semarang.

Adapun dalam sidak tersebut, Disperindag menemukan harga bawang putih kating di pasar modern tersebut masih di jual Rp 60.000 per kilogram, jauh dari standar harga yang ditetapkan Menteri Perdagangan sebesar Rp 40.000 per kilogram.

Kepala Disperindag Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, sesuai arahan Mentri Perdagangan, pasar modern tersebut harus segera melakukan penyesuaian harga yakni menjual bawang putih Rp 40.000 per kilogram dan bawang merah Rp 30.000 per kilogram.

“Kami menemukan di pasar modern harga bawang putih justru masih tinggi. Saya minta bisa sesuai standar,” ujar Fajar, Senin (13/5/19).

Dikatakan, usai sidak kali ini, pihaknya akan datang kembali untuk memastikan harga bawang tersebut sudah normal. Apabila ditemukan harga masih tinggi, maka akan dilakukan penindakan oleh kepolisian.

“Minggu depan akan dilaksanakan kembali pengecekan, apabila masih tetap akan ditindak,” ujarnya.

Dia menambahkan, selama ini Pemerintah Kota Semarang telah menurunkan sebanyak 85 ton bawang putih ke pasaran agar harga segera berangsur normal. Namun ternyata, masih banyak keluhan di masyarakat akan mahalnya bawang putih tersebut.

“Kami minta mal menyesuaikan dengan harga pasar terutama bawang putih dan merah, agar yang kami kerjakan menurunkan 85 ton bawang putih tidak sia-sia, kesan masyarakat bawang putih tinggi terus,” tandasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN UP2D Garap Pemeliharaan Kubikel GI Mranggen

SEMARANG- PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jawa Tengah dan DIY, pada Minggu (21/11/2021) telah melaksanakan kegiatan pemeliharaan rutin...

BCA Hadirkan Bakti Sosial Operasi Katarak Bersama Perdami

PURWOKERTO, 27 November 2021 – Katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan bagi indera penglihatan yang dapat diderita siapa saja....

DPD MKGR Jawa Tengah Dukung Airlangga Hartarto Jadi Presiden

SEMARANG - Pelantikan Pengurus DPD Ormas MKGR Jawa Tengah digelar di Ballroom Hotel Santika Kota Semarang, Sabtu (27/11/2021). Sebelumnya, Musda...

SGM Eksplor Apresiasi Guru Bersama Alfamart

JAKARTA - Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui merek susu pertumbuhan SGM Eksplor bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Ada Pameran SAUTO Expo di Mal Ciputra Semarang, Deretan Mobil Baru Turut Dihadirkan

SEMARANG - Deretan mobil terbaru bakal dipamerkan dalam SAUTO Expo di atrium Mal Ciputra Semarang pada 26 November hingga...

200 Pedagang Pasar Kaliwungu Kendal Gunakan Transaksi Digital QRIS

KENDAL - Sebanyak 200 pedangang di Pasar Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sudah menggunakan transaksi digital dengan Quick Response...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda