DPD REI Jateng Targetkan Bangun 10 Ribu Rumah Bersubsidi di 2020

SEMARANG – Dewan Pengurus Daerah Real Estate Indonesia (DPD REI) Jawa Tengah menargetkan dapat membangun sebanyak 10 ribu unit rumah bersubsidi pada tahun 2020.

Ketua REI Jateng MR Prijanto mengatakan, target pembangunan 10 ribu rumah tersebut adalah program 1 juta rumah murah dari pemerintah. Untuk itu, pihaknya meyakini target kali ini dapat terealisasi.

“Tahun 2019 di Jateng kami hanya bisa membangun 6.000 rumah bersubsidi subsidi, tentu saja jumlah itu kurang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehingga, kami optimis tahun 2020 nanti target 10.000 rumah dapat terealisasi,” kata MR Prijanto, Kamis (26/12/19).

Dia mengatakan, 2019 merupakan tahun yang cukup berat untuk bisnis properti di Jateng. Pasalnya, selama pameran properti di 2019 mengalami penurunan 15% dibandingkan 2018 lalu.

Meski demikian, ia meyakini bisnis properti akan semakin cerah, mengingat geliat ekonomi di Jateng yang makin berkembang. Hal tersebut terbukti dengan dibangunnya beberapa pabrik baru di beberapa daerah seperti Kabupaten Grobogan, Jepara dan Salatiga.

“Di beberapa daerah seperti Grobogan, Jepara dan Salatiga terdapat pabrik-pabrik baru. Ini merupakan peluang bagi para pengembang properti untuk membangun rumah untuk para karyawan pabrik,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk pembangunan rumah bagi kalangan anggota TNI dan Polri cukup mendongkrak penjualan di tahun 2019. Meskipun tidak terlalu signifikan, namun program tersebut cukup membantu para pengembang properti.

“Program rumah untuk anggota TNI dan Polri sudah terbangun di beberapa daerah seperti Kabupaten Magelang, Solo, Tegal dan Grobogan,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here