DPRD Jateng Minta Pemda dan Masyarakat Perkuat Mitigasi Bencana

SEMARANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah meminta Pemerintah Daerah (Pemda) dan masyarakat untuk meningkatkan mitigasi bencana untuk meminimalisir jatuhnya korban.

Ketua Komisi E Abdul Hamid mengatakan, penguatan mitigasi kebencanaan sangat penting dilakukan, sehingga apabila terjadi bencana alam sewaktu-waktu bisa diantisipasi secara dini serta meminimalisasi jumlah korban.

Pihaknya pun meminta, Pemda di Jateng lebih siap dalam menghadapi kemungkinannya bencana alam dengan menyiapkan personel, sarana dan prasarana, serta pemetaan bencana.

“Saat bencana datang, apa yang perlu dilakukan, tindakan apa supaya masyarakat bisa merasakan kehadiran pemerintah,” jelas politikus PKB itu, Rabu (8/1/20).

Menurutnya, yang terpenting pula edukasi kebencanaan bagi siswa tingkat dasar, menengah pertama sampai menengah atas juga perlu diperkuat.

Sementara itu, Anggota Komisi E Jasiman menambahkan, sinergitas BPBD dengan kelompok-kelompok sukarelawan juga perlu dilakukan.

“Membangun jaringan dengan kelompok sukarelawan sangat penting agar penanganan bencana menjadi cepat,” pungkasnya. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here