PeristiwaDPRD Jateng Minta Pemerintah Beli Kedelai Petani dengan Harga...

DPRD Jateng Minta Pemerintah Beli Kedelai Petani dengan Harga yang Sesuai

-

- Advertisment -spot_img

Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah, Ahsin Ma’ruf saat memberi keterangan kepada media, Senin (24/9).

SEMARANG- Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah, Ahsin Ma’ruf berharap, agar pemerintah mau membeli kedelai para petani dengan harga yang sesuai supaya petani kedelai bisa sejahtera.

Ahsin menyebutkan, kedelai yang saat ini hanya dihargai Rp 7000 per kilogram membuat petani kedelai malas sehingga memilih menanam padi.

“Pemerintah harus memberi harga yang cukup ekonomis. Saat ini harga kedelai petani masih murah tidak sebanding masa tanamnya yang panjang. Inikan jadi masalah harganya tidak sesui,” kata Ahsin, Senin (24/9).

Ahsin menambahkan, ketika harga beli kedelai sesuai, salain bisa membuat petani sejahtera, produksi kedelai di Jateng akan meningkat sehingga tidak perlu impor.

“Kedelai sebagai bahan baku tahu dan tempe memang Jateng ini baru 150 ton. Padahal kebutuhan kedelai mencapai 500 ton, memang masih banyak dan itu harusnya pemerintah mengedukasi petani agar mau tanam kedelai,” ucapnya.

Dikatakan, anggaran pertanian yang saat ini berfokus pada pemberian alat maupun pelatihan, perlu ditambah adanya anggaran khusus untuk membeli hasil produksi petani.

“Bagaimana mulai ke depan ada susbsidi yang diberikan pasca panen (subsidi membeli hasil panen). Jadi petani bisa langsung menikmati merasakan langsung,” jelasnya.

Ditambahkan, anggaran Rp 1 triliun saat ini belum cukup. Menurutnya setidaknya butuh Rp 2 triluin, di mana Rp 1 triliun dipakai untuk pemberian alat maupun pelatihan, sedangkan Rp 1 triliun khusus subsidi pasca panen.

“Dari total Rp 26 triluin APBD kita, baru Rp 1 triliun, itu baru berapa persen. Kalau mau komitmen terhadap kesejahteraan petani saya minta paling tidak Rp 2 triluin, yang Rp 1 triliun untuk subsidi pasca panen,” pungkasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ramadan Kareem ala Patra Semarang

SEMARANG -  Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh umat muslim, salah satu momen yang paling dinanti setelah seharian...

JNE Berikan Promo Berlimpah di Bulan Ramadhan 2021

SEMARANG – Bulan Ramadhan telah tiba, seluruh masyarakat menyambut antusias dengan tradisi untuk saling berbagi kepada keluarga dan kerabat....

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...
- Advertisement -spot_imgspot_img

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda