Ekonomi BisnisPanen Melimpah, Pengusaha Diminta Tak Impor Tembakau

Panen Melimpah, Pengusaha Diminta Tak Impor Tembakau

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG- DPRD Provinsi Jawa Tengah meminta para pengusaha rokok agar tidak melakukan impor tembakau. Pasalnya, panen tembakau tahun ini, khususnya di Jawa Tengah terbilang cukup melimpah.

Ketua Fraksi PKB DPRD Provinsi Jateng, M Hendri Wicaksono mengatakan, hasil panen raya tembakau di beberapa daerah di provinsi ini terbilang berhasil.

“Jadi kami ingin pabrik rokok tidak impor tembakau. Kami harapkan hasil panen para petani tembakau bisa terserap dengan baik oleh pabrik rokok yang ada,” ujar M Hendri Wicaksono, Selasa (18/9).

Wakil rakyat dari wilayah Kedu ini menambahkan, masa panen tembakau juga masih akan berlangsung hingga pertengahan Oktober, sebab di beberapa daerah, seperti di lereng Gunung Sumbing Selatan yang secara alami memang paling akhir memanen daun tembakaunya.

Dia juga berharap agar harga pembelian tetap bertahan bagus agar para petani bisa meraih keuntungan yang layak. Apalagi kualitas panen tembakau tahun ini cukup bagus.

“Turunnya hujan pada bulan Juni 2018 dapat menyuburkan tanaman tembakau. Sehingga sudah selayaknya harga jualnya juga lebih baik,” ujarnya.

Selama ini, lanjutnya, tembakau menjadi salah satu tanaman yang cukup banyak ditanam di Jateng. Dengan adanya harga jual yang baik, hal ini akan membuat para petani tembakau kian meningkat kesejahteraannya.

“Tentu kami harap yang meningkat kesejahteraannya tidak hanya petani tembakau, namun juga petani yang menanam tanaman-tanaman yang lain,” terangnya.

Terkait dengan potensi tembakau, ia menegaskan, berkomitmen melindungi dan membela berbagai kepentingan petani tembakau dari berbagai daerah.

“Atas dasar itu, kita juga ingin utamakan dulu hasil tembakau lokal. Kita juga siap membantu perkembangan pertanian tembakau untuk kesejahteraan petani,” tandasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Smartfren Sediakan Hadiah Miliaran Rupiah di Rejeki WOW Treasure Hunt Periode Ketiga

JAKARTA – Setelah sukses membagikan hadiah sekaligus membuka peluang baru untuk lebih dari 3,9 juta pemenang, sekarang Smartfren menghadirkan...

Mulai Hari Ini Tarif Rapid Test Antigen di Stasiun Turun Menjadi Rp 45.000

SEMARANG - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan tarif baru untuk layanan Rapid Test Antigen di Stasiun dari sebelumnya...

Original Coklat dari Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Coklat? Makanan manis yang bisa menjadi Mood Boster untuk sebagian orang. Makanan manis satu ini tentu sangat...

Usaha Jus Organik Pelajar Semarang Ini Raup Omzet Jutaan

SEMARANG - Usaha jus buah dan sayuran organik yang ditekuni pelajar di Kota Semarang ini membawa keberuntungan bagi kondisi...
- Advertisement -spot_imgspot_img

KA Lokal PSO Kedungsepur dan Ekonomi Lokal Cepu, Kembali Beroperasi

SEMARANG - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang, kembali mengoperasikan KA Lokal PSO mulai Rabu 22 September...

Sporty Car Kian Diminati, Nasmoco Hadirkan 5 Varian Toyota Gazoo Racing

SEMARANG - Diperkenalkan sejak dua tahun lalu, deretan model Toyota Gazoo Racing mulai dari sports car GR Supra hingga...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda