Ekonomi BisnisPanen Melimpah, Pengusaha Diminta Tak Impor Tembakau

Panen Melimpah, Pengusaha Diminta Tak Impor Tembakau

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG- DPRD Provinsi Jawa Tengah meminta para pengusaha rokok agar tidak melakukan impor tembakau. Pasalnya, panen tembakau tahun ini, khususnya di Jawa Tengah terbilang cukup melimpah.

Ketua Fraksi PKB DPRD Provinsi Jateng, M Hendri Wicaksono mengatakan, hasil panen raya tembakau di beberapa daerah di provinsi ini terbilang berhasil.

“Jadi kami ingin pabrik rokok tidak impor tembakau. Kami harapkan hasil panen para petani tembakau bisa terserap dengan baik oleh pabrik rokok yang ada,” ujar M Hendri Wicaksono, Selasa (18/9).

Wakil rakyat dari wilayah Kedu ini menambahkan, masa panen tembakau juga masih akan berlangsung hingga pertengahan Oktober, sebab di beberapa daerah, seperti di lereng Gunung Sumbing Selatan yang secara alami memang paling akhir memanen daun tembakaunya.

Dia juga berharap agar harga pembelian tetap bertahan bagus agar para petani bisa meraih keuntungan yang layak. Apalagi kualitas panen tembakau tahun ini cukup bagus.

“Turunnya hujan pada bulan Juni 2018 dapat menyuburkan tanaman tembakau. Sehingga sudah selayaknya harga jualnya juga lebih baik,” ujarnya.

Selama ini, lanjutnya, tembakau menjadi salah satu tanaman yang cukup banyak ditanam di Jateng. Dengan adanya harga jual yang baik, hal ini akan membuat para petani tembakau kian meningkat kesejahteraannya.

“Tentu kami harap yang meningkat kesejahteraannya tidak hanya petani tembakau, namun juga petani yang menanam tanaman-tanaman yang lain,” terangnya.

Terkait dengan potensi tembakau, ia menegaskan, berkomitmen melindungi dan membela berbagai kepentingan petani tembakau dari berbagai daerah.

“Atas dasar itu, kita juga ingin utamakan dulu hasil tembakau lokal. Kita juga siap membantu perkembangan pertanian tembakau untuk kesejahteraan petani,” tandasnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Bentomie, Perpaduan Mie dan Bento

SEMARANG- Pengunjung Prima Raja Resto yang berada di kawasan Puri Anjasmoro Semarang kini diberikan ragam pilihan menu. Selain seafood...

Masjid Megah Pendiri JNE, diresmikan Gubernur Bangka Belitung

BANGKA BELITUNG– Masjid Jami’ Soeprapto Soeparno pertama kali dibangun oleh pendiri JNE, Almarhum Bapak H. Soeprapto Soeparno tahun 1979....

XL Axiata Dukung Geliat Wisata Jawa Tengah

*Pastikan Kualitas Jaringan di Magelang, Wonosobo, dan Temanggung MAGELANG- Industri wisata di Jawa Tengah terus menggeliat dan mencoba bangkit, antara...

Dorong Produksi Ekspor, PLN Tambah Daya Produsen Tas

KUDUS– PLN melakukan energize PT Wanxinda Travel Goods. Produsen tas ini menyepakati penambahan daya dari daya I2/197 kilo Volt...
- Advertisement -spot_imgspot_img

PLN Mendukung Pengembangan Ekosistem Electric Vehicle

SEMARANG- PT PLN (Persero) siap mendukung program pemerintah terkait percepatan implementasi Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) atau Electric...

PLN Sambung Listrik Gratis di Kulon Progo

YOGYAKARTA- PLN kembali melakukan penyambungan gratis kepada masyarakat kurang mampu di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Program Corporate Social Responsibility...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda