Ekonomi Jateng Tumbuh 5,66 Persen di Triwulan III-2019

SEMARANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah mencatat ekonomi Jawa Tengah pada Triwulan III 2019 tumbuh 5,66 persen apabila dibandingkan dengan kinerja ekonomi pada Triwulan III 2018 (y on y).

Kepala BPS Provinsi Jateng, Sentot Bangun Widoyono mengatakan, pertumbuhan ekonomi tersebut didukung oleh semua lapangan usaha kecuali Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan yang tercatat mengalami konstraksi.

“Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh kategori Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum sebesar 18,84 persen. Tingginya pertumbuhan pada kategori tersebut didukung oleh banyaknya bermunculan kedai makan dan minum baru,” ujar Sentot, Selasa (5/11/19).

Selain itu, lanjutnya adanya beberapa kegiatan di Jawa Tengah seperti Asean School Games turut mendorong tumbuhnya lapangan usaha akomodasi.

“Lapangan usaha Iain yang mengalami pertumbuhan cukup tinggi ada Jasa Perusahaan sebesar 13,53 persen serta Informasi dan Komunikasi sebesar 11,52 persen,” katanya.

Dia melanjutkan, apabila dibandingkan dengan triwulan sebelumnya, Ekonomi Jawa Tengah pada Triwulan III-2019 meningkat sebesar 2,44 persen (q-to-q).

Ia menyebutkan, faktor musiman mewarnai pertumbuhan ekonomi, dimana terjadi panen raya pada beberapa komoditas pertanian seperti bawang merah, tebu, dan tembakau.

“Kemudian dimulainya pembangunan Bandara di Purbalingga serta adanya 18 paket pengerjaan jalan dan jembatan pada triwulan ini juga turut memengaruhi perekonomian Jawa Tengah Triwulan Ill 2019,” katanya.

Sementara itu, kata dia terjadi kontraksi di beberapa lapangan usaha, dan yang terdalam dialami oleh kategori Pertambangan dan Penggalian yang diakibatkan oleh penertiban penggalian golongan C di Jawa Tengah. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here