NasionalHitungan Menit, 1.000 Nasi Kotak dari Pemprov Jateng untuk...

Hitungan Menit, 1.000 Nasi Kotak dari Pemprov Jateng untuk Ojol Ludes

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Wabah virus Corona yang melanda di sejumlah wilayah di Indonesia berdampak terhadap ekonomi kecil. Salah satunya ojek online (ojol), yang terdampak minimnya orderan karena pembatasan aktivitas masyarakat.

Kondisi memprihatinkan itu juga dirasa oleh sejumlah ojol di Kota Semarang. Meski sepi order, mereka tetap nekat bekerja untuk menunjang perekonomian keluarga mereka. Namun, pendapatan mereka menurun drastis dari hari normal.

Peduli dengan nasib para ojol, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memberikan bantuan nasi kotak (bungkus) secara gratis kepada pengemudi ojol. Giat sosial itu rencananya akan berlangsung selama dua pekan.

Selasa ini (31/3/2020), sekitar 1.000 nasi kotak diberikan langsung kepada ojol yang masih bekerja di lapangan. Titik pengambilan di depan gerbang Kantor Pemprov Jateng.

Dimulai sejak pukul 11.00 WIB, sebanyak 1.000 nasi kotak habis dalam waktu 30 menit. Meski begitu, antrean ditata dengan rapi, dan tetap memperhitungkan jarak antarpengemudi.

“Ini (bantuan) cukup mengurangi beban para tukang ojek online. Orderan sepi,” tutur Sugeng, salah seorang ojol di Kota Semarang.

Menurutnya, orderan mulai sepi sejak akhir Januari dan terus menurun hingga Maret. Bahkan, diakui dia bekerja dengan rasa was-was oleh ancaman virus yang berasal dari Wuhan, China itu.

“Walah, ya was-was. Apalagi kalau dapat orderan di rumah sakit, bandara, stasiun. Ya, selalu pakai masker. Kalau tidak kerja bagaimana, nggak dapat uang,” lanjutnya.

Trisnoto, Ojol lain juga mengeluhkan pendapatannya yang menurun drastis. Dari hari normal bisa mencapai 17 orderan per harinya. Kini, ia paling banyak menerima order lima kali per hari.

“Wah, sepi. Hanya lima kali order per hari. Kalau hari normal biasanya bisa sampai 17 kali,” keluhnya.

Kepala Biro Umum Setda Provinsi Jawa Tengah, Edy Supriyanta menyampaikan bantuan tersebut merupakan inisiatif Pemprov Jateng dan Gubernur Ganjar Pranowo.

“Hari ini ada sekitar 1.000 nasi kotak yang di berikan kepada para ojek online, karena terdampak adanya Virus Corona,” ujar dia.

Pemberian bantuan nasi kotak, ucap Edy, akan dilakukan selama dua pekan ke depan.

“Iya, ini akan dilakukan selama dua pekan ke depan. Hari ini 1.000, besok rencananya ada 1.500 nasi kotak. Mengenai anggaran dari APBD dan bantuan PNS,” tandasnya. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...

XL Axiata Luncurkan Paket Keluarga ‘AKRAB’

*Berbagi Kuota, Berbagi Kebersamaan JAKARTA- Menyambut bulan Ramadan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meluncurkan produk inovatif yang bisa mempererat...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Realme 8 dan 8 Pro Kini Hadir di Semarang dan Yogyakarta, Dijual Mulai Rp 3,5 Jutaan

SEMARANG – Realme, merek smartphone Favoritnya Anak Muda mulai meluncurkan realme 8 dan 8 Pro, realme Buds Air 2...

Sido Muncul Sumbang Rp500 Juta Korban Banjir NTT Lewat Kemensos

JAKARTA- Banjir bandang yang melanda Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Minggu (4/4/2021), telah menelan ratusan korban...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda