PeristiwaJateng Berdayakan 1.200 Warga Lokal Perbaiki Jalan

Jateng Berdayakan 1.200 Warga Lokal Perbaiki Jalan

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) memiliki cara khusus untuk menangani dan memperbaiki jalan rusak dalam waktu cepat.

Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah memberdayakan warga lokal untuk menjadi tenaga yang siap memperbaiki jalan rusak tersebut.

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah, AR Hanung Triyono menjelaskan, memiliki 1.200 orang yang siap memperbaiki jalan rusak tersebut. Mereka tergabung dalam Masyarakat Bina Marga (Masbima).

Mereka tersebar di seluruh Jawa Tengah, terutama lokasi yang di sana terdapat potensi besar bagi jalan provinsi untuk rusak. Beberapa kabupaten/kota tersebut adalah Pati, Surakarta, Semarang Purwodadi, Magelang, Wonosobo, Tegal Cilacap.

Dalam perekrutan menjadi anggota Masbima, Hanung menjelaskan memilih dua kategori, yakni masyarakat miskin yang tidak memiliki skill dalam mengaspal jalan namun sehat. Kategori kedua adalah masyarakat yang memiliki keahlian dalam mengaspal atau memperbaiki jalan rusak.

“Kami memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP), yakni 1×24 jam jalan rusak ringan tersebut harus sudah selesai. Laporan jalan rusak di wilayaj kami biasanya melalui laporan masyarakat secara manual dan melalui aplikasi Jalan Cantik yang bisa diunduh di smartphone Android,” kata Hanung, Minggu (27/10).

Ditambahkan, keberadaan 1.200 personel ini dirasa efektif untuk menangani keluhan mengenai jalan rusak. Dia menegaskan, semua personel Masbima diberi upah sesuai dengan UMR Kabupaten.

Selain menjaga jalan provinsi tetap dalam keadaan baik, langkah Pemprov Jateng memberdayakan masyarakat ini juga sebagai langkah memberikan lapangan kerja bagi kelompok-kelompok Masbima di masing-masing daerah.

Disebutnya, saat ini jalan propinsi yang dimiliki Jateng adalah sepanjang 2.408.051 meter dan 88 persen di dalamnya dalam kondisi baik. Sedangkan sisanya saat ini dilaporkan sedang rusak ringan. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...
- Advertisement -spot_imgspot_img

XL Axiata Luncurkan Paket Keluarga ‘AKRAB’

*Berbagi Kuota, Berbagi Kebersamaan JAKARTA- Menyambut bulan Ramadan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meluncurkan produk inovatif yang bisa mempererat...

Realme 8 dan 8 Pro Kini Hadir di Semarang dan Yogyakarta, Dijual Mulai Rp 3,5 Jutaan

SEMARANG – Realme, merek smartphone Favoritnya Anak Muda mulai meluncurkan realme 8 dan 8 Pro, realme Buds Air 2...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda