Ekonomi BisnisJateng Fasilitasi Pengembangan Industri Kreatif dan UMKM Lewat Coworking...

Jateng Fasilitasi Pengembangan Industri Kreatif dan UMKM Lewat Coworking Space 

-

- Advertisment -spot_img

Humas Jateng.

SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah bekerja sama dengan Impala Space telah menyiapkan coworking space untuk pengembangan industri kreatif dan UMKM di Jawa Tengah.

Coworking Space bernama Hetero Space tersebut akan di-launching pada 31 Januari di UMKM Center, Banyumanik, Semarang.

Business Development Impala Space Andrie menjelaskan, Hetero Space digambarkan sebagai ruang untuk berbagai pelaku industri kreatif dan UMKM dalam mengembangkan dan meningkatkan usahanya. Hetero Space membawa semangat infinity in diversity atau tak terhingga dalam keanekaragaman.

“Kami ingin Hetero Space ini menjadi ruang bersama untuk mengembangkan dan meningkatkan daya saing industri kreatif dan UMKM di Jawa Tengah,” katanya saat memberikan paparan tentang Hetero Space kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Puri Gedeh, baru-baru ini.

Terkait rencana operasional Hetero Space, lanjut Andrie, dilakukan berdasarkan tiga basic, yaitu srawung, mbangun, dan melesat. Srawung mengimplementasikan kebersamaan atau ruang diskusi bersama antarindustri kreatif dan UMKM. Mbangun merupakan bentuk dalam proses edukasi dengan memberikan pengetahuan dan ilmu untuk pengembangan bisnis.

Sementara, melesat merupakan perwujudan dari industri kreatif yang siap untuk didorong peningkatan kualitasnya dan memperluas jangkauan.

“Untuk kegiatan yang dilakukan akan ada seminar atau kelas yang mempertemukan pelaku industri dengan mereka yang sudah sukses. Untuk program khusus dengan Dinas Koperasi dan UMKM ada 192 program sepanjang tahun dengan 4 kelas dalam sepekan. Lalu ada juga dengan instansi lain yang juga berkolaborasi untuk fokus ke industri kreatif seperti film dan musik,” terangnya.

Andrie menambahkan program yang dirancang juga akan menyasar pelajar SMK. Program itu akan dilakukan untuk mengembangkan dan menambah pengetahuan pelajar melalui program magang. Tujuannya, memberikan modal dasar untuk bekerja di bidang start up atau industri kreatif.

“Kami juga ada Gapura Digital dan platform pendukung lain seperti UKM GO untuk belajar visual grafis atau ditemukan dengan mahasiswa untuk mengembangkan visual grafis,” imbuhnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut baik adanya Hetero Space tersebut. Ia meminta agar promo mengenai Hetero Space tersebut digencarkan serta memetakan industri kreatif dan UKM di Jateng.

“Ini bagus karena bisa menyediakan ruang fisik dan ruang edukatif. Harapannya ini bisa menjadi tempat belajar dan pemasaran serta pengembangan industri start up kita. Coworking space ini kalau bisa juga ada tempat untuk jualan juga, ada banyak merchandise juga,” katanya.

Ganjar ingin nantinya Hetero Space lebih berkembang dan inovatif, misalnya dengan mengadakan Hetero Space Mobile yang bisa berkeliling ke daerah-daerah.

“Kalau bisa nanti ada Hetero Mobile yang bisa keliling ke daerah dan memberikan pelatihan atau kelas dan pertunjukan,” pungkasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ramadan Kareem ala Patra Semarang

SEMARANG -  Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh umat muslim, salah satu momen yang paling dinanti setelah seharian...

JNE Berikan Promo Berlimpah di Bulan Ramadhan 2021

SEMARANG – Bulan Ramadhan telah tiba, seluruh masyarakat menyambut antusias dengan tradisi untuk saling berbagi kepada keluarga dan kerabat....

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...
- Advertisement -spot_imgspot_img

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda