Ekonomi BisnisJateng Fasilitasi Pengembangan Industri Kreatif dan UMKM Lewat Coworking...

Jateng Fasilitasi Pengembangan Industri Kreatif dan UMKM Lewat Coworking Space 

-

- Advertisment -spot_img

Humas Jateng.

SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah bekerja sama dengan Impala Space telah menyiapkan coworking space untuk pengembangan industri kreatif dan UMKM di Jawa Tengah.

Coworking Space bernama Hetero Space tersebut akan di-launching pada 31 Januari di UMKM Center, Banyumanik, Semarang.

Business Development Impala Space Andrie menjelaskan, Hetero Space digambarkan sebagai ruang untuk berbagai pelaku industri kreatif dan UMKM dalam mengembangkan dan meningkatkan usahanya. Hetero Space membawa semangat infinity in diversity atau tak terhingga dalam keanekaragaman.

“Kami ingin Hetero Space ini menjadi ruang bersama untuk mengembangkan dan meningkatkan daya saing industri kreatif dan UMKM di Jawa Tengah,” katanya saat memberikan paparan tentang Hetero Space kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Puri Gedeh, baru-baru ini.

Terkait rencana operasional Hetero Space, lanjut Andrie, dilakukan berdasarkan tiga basic, yaitu srawung, mbangun, dan melesat. Srawung mengimplementasikan kebersamaan atau ruang diskusi bersama antarindustri kreatif dan UMKM. Mbangun merupakan bentuk dalam proses edukasi dengan memberikan pengetahuan dan ilmu untuk pengembangan bisnis.

Sementara, melesat merupakan perwujudan dari industri kreatif yang siap untuk didorong peningkatan kualitasnya dan memperluas jangkauan.

“Untuk kegiatan yang dilakukan akan ada seminar atau kelas yang mempertemukan pelaku industri dengan mereka yang sudah sukses. Untuk program khusus dengan Dinas Koperasi dan UMKM ada 192 program sepanjang tahun dengan 4 kelas dalam sepekan. Lalu ada juga dengan instansi lain yang juga berkolaborasi untuk fokus ke industri kreatif seperti film dan musik,” terangnya.

Andrie menambahkan program yang dirancang juga akan menyasar pelajar SMK. Program itu akan dilakukan untuk mengembangkan dan menambah pengetahuan pelajar melalui program magang. Tujuannya, memberikan modal dasar untuk bekerja di bidang start up atau industri kreatif.

“Kami juga ada Gapura Digital dan platform pendukung lain seperti UKM GO untuk belajar visual grafis atau ditemukan dengan mahasiswa untuk mengembangkan visual grafis,” imbuhnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut baik adanya Hetero Space tersebut. Ia meminta agar promo mengenai Hetero Space tersebut digencarkan serta memetakan industri kreatif dan UKM di Jateng.

“Ini bagus karena bisa menyediakan ruang fisik dan ruang edukatif. Harapannya ini bisa menjadi tempat belajar dan pemasaran serta pengembangan industri start up kita. Coworking space ini kalau bisa juga ada tempat untuk jualan juga, ada banyak merchandise juga,” katanya.

Ganjar ingin nantinya Hetero Space lebih berkembang dan inovatif, misalnya dengan mengadakan Hetero Space Mobile yang bisa berkeliling ke daerah-daerah.

“Kalau bisa nanti ada Hetero Mobile yang bisa keliling ke daerah dan memberikan pelatihan atau kelas dan pertunjukan,” pungkasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

90% Dikorbankan, Efektifkah PPKM?

SEMARANG - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jateng menilai, sejumlah Kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 yang sudah terjadi...

Brantas Abipraya Gelar Vaksin COVID-19 Gratis

JAKARTA - Pandemi COVID-19 belum berakhir, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menekan laju penularan virus ini. Guna menyokong...

Subholding Gas Bersinergi Serahkan Bantuan 50 Tabung Oksigen ke RS UGM

YOGYAKARTA – Subholding Gas Grup sebagai bagian dari Holding Migas PT Pertamina (Persero) bersinergi dalam menyerahkan bantuan oksigen sebanyak...

Qurban Dermawan Menyapa Masyarakat Urban Semarang

SEMARANG - Dibalik megahnya Ibu Kota Jawa Tengah ternyata masih ada wilayah terpinggirkan yang masyarakatnya tidak berkesempatan menikmati lezatnya...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Pertamina MOR IV Bagikan 8.026 Paket Daging Qurban untuk Warga Sekitar

SEMARANG – Merayakan Idul Adha 1442 H, Pertamina melaksanakan potong hewan qurban dengan total sebanyak 85 ekor yang terdiri...

Stimulus Kelistrikan, Upaya Pemerintah Membantu Masyarakat di Tengah Pandemi

JAKARTA - Selama Pandemi Covid-19, Pemerintah Indonesia cukup banyak mengeluarkan program bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. Mulai dari...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda