UmumJateng Jadi Tuan Rumah Bulan Mutu Nasional

Jateng Jadi Tuan Rumah Bulan Mutu Nasional

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Badan Standarisasi Nasional (BSN) akan kembali menggelar Bulan Mutu Nasional (BMN). Tahun ini, Jawa Tengah dipercaya menjadi tuan rumah pada gelaran yang rencananya berlangsung pada Oktober 2019 itu.

Kepala BSN, Bambang Prasetya mengatakan, ditunjuknya Jateng sebagai tuan rumah bukan tanpa alasan. Jateng dinilai telah terbukti menjadi provinsi dengan pengelolaan produk-produk UMKM terbaik di Indonesia.

“Biasanya, Bulan Mutu kami gelar di Jakarta, pada dua tahun lalu kami mulai mencoba menggelar di luar daerah. Kali ini, kami ingin menggelar Bulan Mutu di Jateng karena peningkatan UMKM di provinsi ini sangat baik,” kata dia usai beraudiensi dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, sebagaimana dalam keterangan tertulis, baru-baru ini.

Bambang menerangkan, kegiatan BMN menjadi agenda untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terkait mutu dan kualitas produk yang dihasilkan. Pada kegiatan tersebut, diangkat berbagai tema tentang peningkatan kualitas mutu, yang berkaitan dengan peningkatan daya saing, ekspor dan sebagainya.

“Kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 1991. Di dalam kegiatan ini, diharapkan kepedulian masyarakat terhadap produk berkualitas dan bermutu semakin tinggi,” paparnya.

Ditambahkan, pada pelaksanaan kegiatan itu, nantinya juga akan digelar pameran produk-produk bermutu kepada masyarakat melalui Indonesian Quality Expo (IQE) 2019. Termasuk, berbagai produk unggulan seperti motor listrik, mobil listrik dan lainnya, khususnya produk-produk unggulan hasil karya UMKM.

“Karena kami menilai, UMKM memiliki potensi besar dan menjadi garda terdepan dalam bidang ekspor, lapangan kerja dan peningkatan pendapatan daerah,” tegas Bambang.
Dia berharap melalui IQE, masyarakat, khususnya di Jateng dapat peduli dan semakin terpacu untuk meningkatkan kualitas dan mutu produknya. Sebab, jika produknya bermutu dan berkualitas, akses pasar semakin luas.

“Kami ingin meyakinkan masyarakat, bahwa jika produknya bermutu dan berkualitas, maka akses pasar akan semakin luas. Produknya bisa di ekspor, bisa masuk ritel, biaya produksi bisa turun dan sebagainya. Termasuk kami sosialisasi pentingnya mendapat standar SNI pada produk-produk yang dihasilkan,” tukasnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyambut baik rencana digelarnya BMN di Jateng. Pihaknya akan memberikan dukungan penuh untuk suksesnya acara itu, termasuk membantu mengampanyekan kegiatan tersebut sebelum pelaksanaan. Sehingga gaungnya semakin besar.

“Kami tentu sangat senang kegiatan Bulan Mutu digelar di Jawa Tengah. Dengan kegiatan ini, kami harapkan para pelaku UMKM di Jateng semakin terpacu untuk membuat produk-produk berkualitas,” tutupnya. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Bencana Semeru, ACT Jateng Dirikan Enam Posko Kemanusiaan di Semarang

SEMARANG - Upaya Penanganan fase tanggap darurat hingga pascabencana akibat erupsi Gunung Semeru terus dilakukan oleh tim Aksi Cepat...

Voters IMA 2021 Tembus 12 Juta

JAKARTA- Program penghargaan bagi musisi dan penikmat musik di Indonesia, bertajuk Indonesian Music Awards (IMA) 2021 masa voting sudah...

Dirut PLN : Siap Lanjutkan Tranformasi, Transisi Energi hingga Atasi Oversupply Listrik

 JAKARTA- Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo akan melanjutkan transformasi di segala lini untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan sehingga dapat...

17 Kantor Patra Niaga di Jateng DIY Wajibkan Aplikasi PeduliLindungi

SEMARANG - Tingkat kasus penularan virus Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir memang telah menunjukkan grafik yang melandai. Kendati demikian,...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Penerimaan Pajak Jateng I Capai Rp 24 Triliun hingga November 2021

SEMARANG - Kinerja penerimaan Pajak Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah I hingga tanggal 30 November 2021 tercatat adanya pertumbuhan...

Erick Thohir Tunjuk Darmawan Prasodjo Jadi Direktur Utama PLN

JAKARTA - Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN tahun 2021 memutuskan mengangkat dan menetapkan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda