NasionalJateng Siap Dirikan 100 Hunian Sementara untuk Pengungsi Gempa...

Jateng Siap Dirikan 100 Hunian Sementara untuk Pengungsi Gempa dan Tsunami Palu

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berencana mendirikan sekitar 100 buah hunian sementara (huntara) untuk para pengungsi bencana gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jateng, Sarwa Pramana mengatakan, tiap-tiap bangunan huntara tersebut nantinya akan dibangun dengan ukuran 6×4 meter.

“Bangunnya nanti akan dilengkapi dengan (fasilitas) MCK dan penerangan, termasuk nanti di dalamnya lengkap. Itu bantuan dari Bank Jateng dan KORPRI,” ujar Sarwa, Jumat (5/10).

Sarwa mengemukakan, pembangunan huntara ini sangat mendesak karena masih banyak korban yang belum kebagian tenda pengungsian.

Dilain sisi mereka juga takut untuk kembali tinggal di rumah dikarenakan kondisi bangunan yang sudah tidak prima. Apalagi jika terkena guncangan gempa kembali.

“Harapannya nanti huntara ini bisa satu kampung lah. 100 rumah berarti 100 KK. Mudah-mudahan besok saya bisa contohkan saya dirikan (sebelum diberangkatkan),” sambungnya.

Selain itu, lanjutnya ada pertimbangan lain kenapa harus segera dibangun huntara, yakni karena musim penghujan yang diperkirakan datang dalam waktu dekat.

Ditambahkan, material huntara seperti galvanis, deklit, atau triplek ini rencananya diberangkatkan, Sabtu (6/10) besok bersama dengan bantuan 118 relawan, logisitik seperti makanan siap saji, kalengan, maupun pakaian baru untuk para pengungsi. Serta sepuluh kendaraan seperti mobil dapur umum dan truk tangki.

“Ada juga bantuan puluhan unit sepeda dari Muhammadiyah. Tapi diperuntukkan untuk siapa belum tahu, mungkin nanti untuk pengungsi buat membantu transportasi,” cetusnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

XL Axiata Operasikan BTS USO di Kawasan Timur Indonesia

JAKARTA- PT. XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus membangun infrastruktur jaringan 4G ke berbagai wilayah terpencil di Kawasan Timur...

Mengenal Lebih Dekat GM Patra Semarang Hotel & Convention

SEMARANG - Pria kelahiran Sidoarjo Jawa Timur ini mengawali karirnya sebagai seorang Pengajar, namun sejak tahun 1993 memutuskan...

Pertamina Tanam 5000 Mangrove

CILACAP– Integrated Terminal Cilacap yang merupakan unit operasi dari Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, kembali melakukan...

Griya Riset Indonesia Siapkan Generasi Unggul Melalui Riset dan Kepenulisan

SEMARANG - Griya Riset Indonesia (GRI) hadir sebagai wadah yang membangun mental dan nalar ilmiah generasi muda yang memiliki...
- Advertisement -spot_imgspot_img

BMW Astra Card, Keanggotaan Ekslusif dengan Berbagai Manfaat

JAKARTA - Sebagai bentuk layanan menyeluruh dari BMW Astra untuk para pelanggan, BMW Astra memberikan BMW Astra Card untuk...

Reformasi Struktural Jadi Kunci Percepatan Pemulihan Ekonomi

JAKARTA – UOB Indonesia memproyeksikan, perekonomian Indonesia akan tumbuh setidaknya lima persen pada tahun 2022. Hal ini seiring dengan...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda