NasionalJateng Siap Dirikan 100 Hunian Sementara untuk Pengungsi Gempa...

Jateng Siap Dirikan 100 Hunian Sementara untuk Pengungsi Gempa dan Tsunami Palu

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berencana mendirikan sekitar 100 buah hunian sementara (huntara) untuk para pengungsi bencana gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jateng, Sarwa Pramana mengatakan, tiap-tiap bangunan huntara tersebut nantinya akan dibangun dengan ukuran 6×4 meter.

“Bangunnya nanti akan dilengkapi dengan (fasilitas) MCK dan penerangan, termasuk nanti di dalamnya lengkap. Itu bantuan dari Bank Jateng dan KORPRI,” ujar Sarwa, Jumat (5/10).

Sarwa mengemukakan, pembangunan huntara ini sangat mendesak karena masih banyak korban yang belum kebagian tenda pengungsian.

Dilain sisi mereka juga takut untuk kembali tinggal di rumah dikarenakan kondisi bangunan yang sudah tidak prima. Apalagi jika terkena guncangan gempa kembali.

“Harapannya nanti huntara ini bisa satu kampung lah. 100 rumah berarti 100 KK. Mudah-mudahan besok saya bisa contohkan saya dirikan (sebelum diberangkatkan),” sambungnya.

Selain itu, lanjutnya ada pertimbangan lain kenapa harus segera dibangun huntara, yakni karena musim penghujan yang diperkirakan datang dalam waktu dekat.

Ditambahkan, material huntara seperti galvanis, deklit, atau triplek ini rencananya diberangkatkan, Sabtu (6/10) besok bersama dengan bantuan 118 relawan, logisitik seperti makanan siap saji, kalengan, maupun pakaian baru untuk para pengungsi. Serta sepuluh kendaraan seperti mobil dapur umum dan truk tangki.

“Ada juga bantuan puluhan unit sepeda dari Muhammadiyah. Tapi diperuntukkan untuk siapa belum tahu, mungkin nanti untuk pengungsi buat membantu transportasi,” cetusnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Indosat Ooredoo Luncurkan Layanan 5G Pertama di Solo

SOLO– PT. Indosat Tbk (Indosat Ooredoo), perusahaan telekomunikasi digital terkemuka di Indonesia, mengumumkan peluncuran layanan 5G komersial pertama di...

Bea Cukai Semarang Amankan Rokok Ilegal

SEMARANG – Bea Cukai Semarang berhasil mengamankan jutaan batang rokok ilegal yang dibaurkan dengan rongsok botol plastik bekas di...

CCEP Salurkan Donasi Untuk Pemulihan Masyarakat Terdampak Bencana Di NTT

SEMARANG – Coca-Cola Europacific Partners (CCEP) Indonesia kembali memberikan donasi kepada masyarakat terdampak bencana di provinsi NTT melalui Badan...

Hotel Santika Pekalongan Tawarkan Menu Makan Sehat Tanpa Pengawet

PEKALONGAN - Makanan yang sehat tanpa  zat penyedap maupun pengawet mulai dilirik oleh sebagian masyarakat kita. Pola makan yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

LG PuriCare 360° Air Purifier Tawarkan Pembersihan Udara

*Inovasi Jangkauan Lebih Luas Melingkupi Ruang JAKARTA - PT. LG Electronics Indonesia (LG) mengumumkan dimulainya pemasaran air purifier (pemurni udara)...

Ganjar Kunjungi Pabrik Samator, Pastikan Stok Aman

KENDAL  – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo begitu serius untuk mengamankan pasokan oksigen untuk rumah sakit rujukan di Jawa...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda