Ekonomi BisnisJelang Lebaran, Dishub Semarang dan Astra Isuzu Lakukan Ramp...

Jelang Lebaran, Dishub Semarang dan Astra Isuzu Lakukan Ramp Check Angkutan Barang

-

- Advertisment -spot_img
Tim Astra Isuzu tengah melakukan pengecekan sejumlah armada untuk memastikan kelengkapan kendaraan menjelang masa angkutan Lebaran 2019, Senin (13/5/19).

SEMARANG – Menjelang angkutan Lebaran 2019, Dinas Perhubungan Kota Semarang bersama Astra Isuzu melakukan ramp check kendaraan angkutan barang untuk meningkatkan keselamatan bertransportasi.

Pelaksanaan ramp check ditujukan kepada sejumlah angkutan barang milik anggota Aptrindo Cabang Tanjung Emas Semarang.

Kepala Dishub Kota Semarang, M Khadik mengatakan, pelaksanaan ramp check tidak hanya dilakukan kepada angkutan orang saja, namun angkutan barang juga diperlukan untuk memastikan semua berjalan aman dan nyaman.

“Pengecekan yang dilakukan mulai kelengkapan pendukung, lampu-lampu, standar KIR dan lainnya. Semua dicek apakah kondisi memenuhi syarat apa tidak. Termasuk emisi gas buang seperti apa akan kita lakukan pengecekan,” kata M. Khadik, usai meresmikan Truck Parking Area Baruna Semarang, Senin (13/5/19).

Dikatakan, truk yang tidak memenuhi syarat keamanan dan keselamatan diharapkan bisa segera dilakukan perbaikan agar izin jalan tetap diberikan.

“Tentu mereka harus memperbaiki, misal kondisi mesinnya tidak memenuhi syarat, masak mau dibuat mengangkut, kan berbahaya. Jadi harus diperbaiki,” ucapnya.

Kepala Wilayah Astra Isuzu Jateng – DIY, Ratmin Sucipto menambahkan, ramp check tersebut dilakukan sebagai upaya mengenalkan bahwa perawatan kendaraan tidak hanya dilakukan di bengkel saja namun juga bisa di tempat yang aman dan nyaman saja telah cukup.

“Kita mulai melakukan jemput bola karena kendaraan besar seperti truk ini kan tidak mungkin masuk ke kota. Kita siapkan beberapa tim, lakukan pengecekan dan perawatan, sehingga ke depan tidak perlu khawatir harus datang ke bengkel, karena kita datangi langsung,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Aptrindo Cabang Tanjung Emas Semarang, Supriyono mengatakan, dalam ramp check kali ini pihaknya menurunkan sebanyak 20 truk untuk dicek segala standar keamanan dan keselamatan kendaraan.

Disebutnya, kegiatan tersebut memang diperlukan mengingat menjelang Lebaran angkutan barang di pelabuhan Tanjung Emas Semarang akan terjadi peningkatan dibandingkan hari-hari biasa.

Adapun peningkatan angkutan barang baik untuk ekspor maupun impor yang ke luar masuk Pelabuhan Tanjung Emas diprediksi bisa mencapai 50% dibandingkan hari biasa. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN Siap Serap Listrik 5 MW dari PLTSa Terbesar di Jawa Tengah

SURAKARTA - PT PLN (Persero) siap menyerap listrik sebesar 5 megawatt (MW) yang dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa)...

‘CB150R Charity’ Kumpulkan Rp8 Juta Untuk Anak Disabilitas

SOLO – Astra Motor Jateng bersama dengan Trooper Custom resmi mengakhiri program “CB150R Charity Ride” dengan melakukan live Instagram...

Dukung Energi Hijau, PLN Siap Serap Listrik dari PLTSa Terbesar di Jateng

SURAKARTA- PT PLN (Persero) siap menyerap listrik sebesar 5 megawatt (MW) yang dihasilkan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Surakarta...

Hotel Santika Pekalongan Rutin Gelar Simulasi Pemadam Kebakaran

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan Sebagai salah satu hotel berbintang yang ada di Kota Pekalongan menggelar Simulasi Fire Drill...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Indosat Ooredoo Hutchison Siap Jadi Perusahaan Telekomunikasi Paling Dipilih di Indonesia

SEMARANG – Indosat Ooredoo Hutchison telah mengumumkan penyelesaian penggabungan usaha pada 4 Januari 2022 lalu, setelah menerima semua persetujuan...

Membanggakan, Desa Wisata Bakti BCA Torehkan Prestasi Gemilang

JAKARTA– PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) melalui program Corporate Social Responsibility senantiasa berkomitmen memberikan kontribusi bagi negeri ini....

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda