one-stop-property-new

Jelang Lebaran, Dishub Semarang dan Astra Isuzu Lakukan Ramp Check Angkutan Barang

0
one-stop-property-new
Tim Astra Isuzu tengah melakukan pengecekan sejumlah armada untuk memastikan kelengkapan kendaraan menjelang masa angkutan Lebaran 2019, Senin (13/5/19).

SEMARANG – Menjelang angkutan Lebaran 2019, Dinas Perhubungan Kota Semarang bersama Astra Isuzu melakukan ramp check kendaraan angkutan barang untuk meningkatkan keselamatan bertransportasi.

Pelaksanaan ramp check ditujukan kepada sejumlah angkutan barang milik anggota Aptrindo Cabang Tanjung Emas Semarang.

Kepala Dishub Kota Semarang, M Khadik mengatakan, pelaksanaan ramp check tidak hanya dilakukan kepada angkutan orang saja, namun angkutan barang juga diperlukan untuk memastikan semua berjalan aman dan nyaman.

“Pengecekan yang dilakukan mulai kelengkapan pendukung, lampu-lampu, standar KIR dan lainnya. Semua dicek apakah kondisi memenuhi syarat apa tidak. Termasuk emisi gas buang seperti apa akan kita lakukan pengecekan,” kata M. Khadik, usai meresmikan Truck Parking Area Baruna Semarang, Senin (13/5/19).

Dikatakan, truk yang tidak memenuhi syarat keamanan dan keselamatan diharapkan bisa segera dilakukan perbaikan agar izin jalan tetap diberikan.

“Tentu mereka harus memperbaiki, misal kondisi mesinnya tidak memenuhi syarat, masak mau dibuat mengangkut, kan berbahaya. Jadi harus diperbaiki,” ucapnya.

Kepala Wilayah Astra Isuzu Jateng – DIY, Ratmin Sucipto menambahkan, ramp check tersebut dilakukan sebagai upaya mengenalkan bahwa perawatan kendaraan tidak hanya dilakukan di bengkel saja namun juga bisa di tempat yang aman dan nyaman saja telah cukup.

“Kita mulai melakukan jemput bola karena kendaraan besar seperti truk ini kan tidak mungkin masuk ke kota. Kita siapkan beberapa tim, lakukan pengecekan dan perawatan, sehingga ke depan tidak perlu khawatir harus datang ke bengkel, karena kita datangi langsung,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Aptrindo Cabang Tanjung Emas Semarang, Supriyono mengatakan, dalam ramp check kali ini pihaknya menurunkan sebanyak 20 truk untuk dicek segala standar keamanan dan keselamatan kendaraan.

Disebutnya, kegiatan tersebut memang diperlukan mengingat menjelang Lebaran angkutan barang di pelabuhan Tanjung Emas Semarang akan terjadi peningkatan dibandingkan hari-hari biasa.

Adapun peningkatan angkutan barang baik untuk ekspor maupun impor yang ke luar masuk Pelabuhan Tanjung Emas diprediksi bisa mencapai 50% dibandingkan hari biasa. (ZP/06)

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan