Ekonomi BisnisJumlah Wisatawan Asing Liburan ke Jateng Turun di November...

Jumlah Wisatawan Asing Liburan ke Jateng Turun di November 2019

-

- Advertisment -spot_img

Ramainya pengunjung di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah/istimewa.

SEMARANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah mencatat jumlah wisatawan asing yang berlibur ke Jawa Tengah pada bulan November 2019 mengalami penurunan.

Adapun jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Jateng melalui Bandara Adi Sumarmo dan Ahmad Yani pada November tercatat sebanyak 2.982 kunjungan, turun 0,60 persen dibandingkan Oktober yang tercatat sebanyak 3000 kunjungan.

Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Sentot Bangun Widoyono mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah perlu terobosan baru dalam menggaet wisatawan asing agar mau berkunjung ke Jawa Tengah.

Menurutnya, berbagai kegiatan promosi dan pengenalan rute menuju tempat wisata perlu diperbaiki agar wisatawan asing tahu bagaimana akses ke tempat wisata.

“Teman-teman travel agent mereka sebenarnya tahu potensi wisata di Jateng, namun mereka bingung bagaimana akses ke tempat wisata, ini yang perlu diperhatikan bagaimana aksesnya,” ujar Sentot, Kamis (2/1/20).

Dia mengatakan, infrastruktur di Jateng seperti jalan tol dan bandara memang sudah bagus, namun akses jalan dan transportasi ke tempat wisata perlu diperhatikan lagi.

Ia menyebutkan, banyak potensi wisata di Jateng yang layak untuk dikunjungi, bahkan saat ini juga muncul tempat wisata baru yang tidak kalah bagus untuk didatangi.

Untuk itu, lanjutnya sangat sayang apabila tempat wisata yang bagus tersebut sepi dari wisatawan.

“Potensi wisata di Jateng itu ada banyak, sekarang juga muncul tempat-tempat wisata baru. Ini harus dimaksimalkan,” jelasnya.

Sementara itu, data BPS mencatat jumlah kunjungan wisatawan asing terbanyak dari bandara Adi Sumarmo berasal dari China yaitu 491 kunjungan, disusul Amerika Serikat 73 kunjungan, dan Malaysia 52 kunjungan.

Kemudian dari Bandara Ahmad Yani berasal dari Malaysia sebanyak 823 kunjungan, Singapura 397 kunjungan, dan China sebanyak 130 kunjungan. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

90% Dikorbankan, Efektifkah PPKM?

SEMARANG - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jateng menilai, sejumlah Kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 yang sudah terjadi...

Brantas Abipraya Gelar Vaksin COVID-19 Gratis

JAKARTA - Pandemi COVID-19 belum berakhir, Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk menekan laju penularan virus ini. Guna menyokong...

Subholding Gas Bersinergi Serahkan Bantuan 50 Tabung Oksigen ke RS UGM

YOGYAKARTA – Subholding Gas Grup sebagai bagian dari Holding Migas PT Pertamina (Persero) bersinergi dalam menyerahkan bantuan oksigen sebanyak...

Qurban Dermawan Menyapa Masyarakat Urban Semarang

SEMARANG - Dibalik megahnya Ibu Kota Jawa Tengah ternyata masih ada wilayah terpinggirkan yang masyarakatnya tidak berkesempatan menikmati lezatnya...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Pertamina MOR IV Bagikan 8.026 Paket Daging Qurban untuk Warga Sekitar

SEMARANG – Merayakan Idul Adha 1442 H, Pertamina melaksanakan potong hewan qurban dengan total sebanyak 85 ekor yang terdiri...

Stimulus Kelistrikan, Upaya Pemerintah Membantu Masyarakat di Tengah Pandemi

JAKARTA - Selama Pandemi Covid-19, Pemerintah Indonesia cukup banyak mengeluarkan program bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan. Mulai dari...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda