Ekonomi BisnisJumlah Wisatawan Asing Liburan ke Jateng Turun di November...

Jumlah Wisatawan Asing Liburan ke Jateng Turun di November 2019

-

- Advertisment -spot_img

Ramainya pengunjung di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah/istimewa.

SEMARANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah mencatat jumlah wisatawan asing yang berlibur ke Jawa Tengah pada bulan November 2019 mengalami penurunan.

Adapun jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Jateng melalui Bandara Adi Sumarmo dan Ahmad Yani pada November tercatat sebanyak 2.982 kunjungan, turun 0,60 persen dibandingkan Oktober yang tercatat sebanyak 3000 kunjungan.

Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Sentot Bangun Widoyono mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah perlu terobosan baru dalam menggaet wisatawan asing agar mau berkunjung ke Jawa Tengah.

Menurutnya, berbagai kegiatan promosi dan pengenalan rute menuju tempat wisata perlu diperbaiki agar wisatawan asing tahu bagaimana akses ke tempat wisata.

“Teman-teman travel agent mereka sebenarnya tahu potensi wisata di Jateng, namun mereka bingung bagaimana akses ke tempat wisata, ini yang perlu diperhatikan bagaimana aksesnya,” ujar Sentot, Kamis (2/1/20).

Dia mengatakan, infrastruktur di Jateng seperti jalan tol dan bandara memang sudah bagus, namun akses jalan dan transportasi ke tempat wisata perlu diperhatikan lagi.

Ia menyebutkan, banyak potensi wisata di Jateng yang layak untuk dikunjungi, bahkan saat ini juga muncul tempat wisata baru yang tidak kalah bagus untuk didatangi.

Untuk itu, lanjutnya sangat sayang apabila tempat wisata yang bagus tersebut sepi dari wisatawan.

“Potensi wisata di Jateng itu ada banyak, sekarang juga muncul tempat-tempat wisata baru. Ini harus dimaksimalkan,” jelasnya.

Sementara itu, data BPS mencatat jumlah kunjungan wisatawan asing terbanyak dari bandara Adi Sumarmo berasal dari China yaitu 491 kunjungan, disusul Amerika Serikat 73 kunjungan, dan Malaysia 52 kunjungan.

Kemudian dari Bandara Ahmad Yani berasal dari Malaysia sebanyak 823 kunjungan, Singapura 397 kunjungan, dan China sebanyak 130 kunjungan. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...

XL Axiata Luncurkan Paket Keluarga ‘AKRAB’

*Berbagi Kuota, Berbagi Kebersamaan JAKARTA- Menyambut bulan Ramadan, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) meluncurkan produk inovatif yang bisa mempererat...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Realme 8 dan 8 Pro Kini Hadir di Semarang dan Yogyakarta, Dijual Mulai Rp 3,5 Jutaan

SEMARANG – Realme, merek smartphone Favoritnya Anak Muda mulai meluncurkan realme 8 dan 8 Pro, realme Buds Air 2...

Sido Muncul Sumbang Rp500 Juta Korban Banjir NTT Lewat Kemensos

JAKARTA- Banjir bandang yang melanda Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Minggu (4/4/2021), telah menelan ratusan korban...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda