UmumTransportasiKA Wisata Argo Muria Priority Beroperasi Hari Ini

KA Wisata Argo Muria Priority Beroperasi Hari Ini

-

- Advertisment -spot_img

Suasana di dalam gerbong kereta api wisata priority saat perjalanan dari Semarang menuju Jakarta, Senin (27/8). 

SEMARANG- Dalam rangka meningkatkan layanan kepada para penumpang relasi Semarang – Jakarta, serta guna menunjang peningkatan kunjungan wisatawan ke wilayah Jawa Tengah, khususnya di wilayah Semarang, pada hari ini, Senin (27/8) KA Argo Muria relasi Semarang – Gambir / pp, secara reguler telah dilengkapi dengan fasilitas layanan “Kereta Jenis Priority” sebanyak 1 buah pada tiap rangkaiannya.

Animo masyarakat terhadap kehadiran layanan kereta Priority ini, mendapat respon yang sangat besar, ini bisa terlihat dari okupansi penumpang di kereta Priority mencapai 100 % alias penuh di perjalanan perdananya. Pada hari ini, KA Argo Muria (KA 13) relasi Stasiun Semarang Tawang – Stasiun Gambir membawa 8 gerbong kereta eksekutif dan 1 gerbong kereta priority, dengan daya kapasitas 428 tempat duduk, dan semuanya telah habis terjual.

Kehadiran layanan kereta Priority ini merupakan hasil dari kerjasama antara pihak PT KAI dan PT KA Pariwisata sebagai anak perusahaan dari PT KAI yang bergerak di sektor angkutan kereta wisata. Di mana jenis “Kereta Kelas Priority” ini mempunyai kapasitas tempat duduk 28 seat setiap gerbong keretanya.

Kereta kelas Priority dilengkapi dengan fasilitas LCD TV layar sentuh pada tiap kursi, sehingga selama perjalanan, penumpang dapat menikmati ragam pilihan hiburan Audio dan Video. Selain kursi yang sudah dilengkapi meja portable, tersedia juga power socket di sebelah kursi sehingga selama perjalanan, penumpang tetap dapat menyelesaikan pekerjaan dengan laptop atau gadget lainnya. Kemudian penumpang juga dapat bersantai dengan kenyamanan kursi ergonomis dengan ruang kaki yang lapang.

Fasiltas lainnya yang terdapat di kereta kelas Priority diantaranya Karaoke System, Mini Bar, ruang Bagasi (20 kg),dan Toilet.

“Tambahan layanan gerbong kereta kelas Priority pada KA Argo Muria ini, merupakan wujud komitmen dari Manajemen PT KAI (Persero) dan PT KA Pariwisata untuk senantiasa memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat khususnya bagi para pelanggan kereta api di wilayah Semarang yang sudah menjadi pelanggan setia KA Argo Muria. Kehadiran gerbong Kereta Priority ini akan melengkapi fasilitas gerbong kereta di KA Argo Muria yang sudah ada saat ini, yaitu terdiri dari 8 gerbong Kereta Eksekutif (K1), 1 gerbong Kereta Makan (M1) dan 1 gerbong Kereta Pembangkit (P). Jadi total daya kapasitas untuk KA Argo Muria saat ini telah menjadi 428 tempat duduk setiap perjalanannya, yang sebelumnya berjumlah 400 tempat duduk,” ujar Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang.

Adapaun jadwal keberangkatan untuk KA Argo Muria (KA 13) relasi Semarang Tawang – Gambir yang dilengkapi fasilitas Kereta Priority ini, yaitu berangkat dari Stasiun Semarang Tawang Jam 16:00 WIB, dan tiba di Stasiun Gambir pada jam 22:08 WIB.
Sedangkan KA Argo Muria relasi Stasiun Gambir – Stasiun Semarang Tawang (KA 14) yang dilengkapi Kereta Priority ini, yaitu berangkat dari Stasiun Gambir jam 07:00 WIB dan tiba di Stasiun Semarang Tawang jam 13:00 WIB.

KA Argo Muria yang dilengkapi fasilitas kereta kelas Priority tersebut berhenti di Stasiun Cirebon, Tegal, dan Pekalongan, serta berjalan regular setiap hari, yang sebelumnya berjalan setiap akhir pekan.

Tarif promo “KA Argo Muria Kelas Priority” mulai tanggal 27 Agustus 2018 adalah Rp.480.000 saat weekday dan Rp.700.000 saat weekend. Tiket dapat diperoleh di stasiun kereta dan channel distribusi KAI lainnya.

“Semoga dengan peningkatan layanan di transportasi kereta api ini, dapat meningkatkan jumlah pengunjung wisatawan ke wilayah Jawa Tengah, khusus ke wilayah tempat wisata di koridor Jawa bagian Pantura seperti Pekalongan dan Semarang. Selain layanan Kereta Priority, masih ada berbagai macam layanan lain dari pihak PT KA Pariwisata dalam layanan bagi para penumpang kereta api. Total ada 7 tipe kereta yang dimiliki oleh PT KA Pariwisata di antaranya Kereta Nusantara, Kereta Bali, Kereta Toraja, Kereta Sumatera, Kereta Jawa, Kereta Priority dan Kereta Imperial, ” Jelas Syarifah Safia, Manager Humas PT KA Pariwisata.

Sementara trend para penumpang royal relasi Semarang – Jakarta selama ini terus menunjukan trend peningkatan yang cukup positif. Dimana tercatat pada tahun 2017 yang lalu, sebanyak 755.701 penumpang telah menggunakan layanan kereta api relasi Semarang – Jakarta atau naik 12% dibandingkan tahun 2016 yang mencapai 674.021 penumpang. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

ARTUGO Luncurkan Peranti Dapur Dengan Spesifikasi Istimewa

*Dukung Wirausaha Pemula TANGERANG- Diujung semester pertama tahun 2021, ARTUGO kembali meluncurkan sederet peranti dapur terbarunya. Tak tanggung – tanggung,...

Pertamina Berbagi Berkah Bulan Ramadhan

*Bantu Sarana Prasarana Panti Asuhan di Jateng-DIY SEMARANG– Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah menjalankan program...

Lebaran di Pekalongan Aja Menginap di Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Lebaran Sebentar lagi. Hari yang di identikan dengan kemenangan umat muslim di seluruh dunia yang selalu di...

Pertamina Siagakan Agen dan Pangkalan LPG

*Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H SEMARANG– Menyambut Idul Fitri 1442 H, Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah menetapkan...
- Advertisement -spot_imgspot_img

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Pakai Smartfren di Realme C21 Ada Bonus Kuota 384 GB Hingga Hadiah Smart TV

JAKARTA - Smartfren kembali menghadirkan paket bundling terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini pelanggan yang membeli smartphone Realme...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda