Kajati Jateng Ponco Hartanto dan Pj Gubernur Nana Sudjana Ikuti Fun Walk Harganas 2024

0

SEMARANG – Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) di Provinsi Jawa Tengah tahun 2024, kembali di gelar di Kota Semarang.

Kegiatan ini menegaskan pentingnya keluarga sebagai basis dari tata kehidupan sehari-hari dalam berumah tangga.

Ketahanan keluarga merupakan fondasi utama yang menjamin keharmonisan dan stabilitas dalam rumah tangga. Dengan memiliki keluarga yang kuat dan kokoh, setiap anggota keluarga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, serta mampu menghadapi berbagai tantangan kehidupan.

Di Kota Semarang sendiri, rangkaian peringatan Harganas disambut meriah oleh sejumlah masyarakat yang ikut hadir dalam Fun Walk Harganas 2024.

Diikuti oleh Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana, Kepala Kejaksaam Tinggi (Kajati) Jateng H. Ponco Hartanto, Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, dan tokoh masyarakat setempat.

Kajati Jateng H. Ponco Hartanto mengaku senang dan gembira melihat antusias warga kota Semarang mengikuti Fun Walk, yang ikut mensukseskan peringatan Harganas ke-31.

“Harganas bukan hanya seremonial tahunan, tetapi juga wahana untuk mempererat hubungan keluarga dan membangun komunitas yang lebih baik,” ujarnya.

Menurutnya, peringatan Harganas merupakan wahana bagi keluarga untuk saling meningkatan komunikasi dan interaksi serta komitmen untuk membentuk keluarga yang mandiri dan sejahtera.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menyukseskan Harganas tahun ini. Semoga semangat kebersamaan ini terus terjaga dan mampu memberikan dampak positif bagi kesejahteraan keluarga di Jawa Tengah,” tambahnya.

Selain itu, pihaknya mendukung langkah Pemprov Jateng untuk mempercepat penurunan angka stuting .

Sementara itu, Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menyatakan, peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 menjadi momentum untuk mempercepat penurunan angka stunting (tengkes) di wilayahnya.

“Kita harapkan lewat Harganas ini sosialiasi bebas stunting dan upaya penurunan angka stunting terus dilakukan. Kita harus bahu-membahu bersama,” kata Nana.

Dalam kesempatan itu, Nana juga menilai, Harganas merupakan momentum untuk melihat kembali pentingnya peran keluarga dalam membentuk karakter bangsa atau generasi muda. Sesuai tema besar Harganas ke-31 yaitu “Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas”.

“Harganas ini menjadi pemacu untuk terus memperhatikan keluarga, untuk mencintai keluarga kita. Setiap keluarga harus menjadi keluarga yang bahagia. Keluarga merupakan tonggak dari pelaksanaan (pendidikan) karakter bangsa,” katanya.

Dalam Family Fun Walk ini diikuti sekitar 5.000 peserta dari berbagai kalangan. Mulai anak-anak muda, dewasa, sampai orangtua yang mengajak anaknya. Termasuk aparatur sipil negara di lingkungan Pemprov Jateng.

Rute Family Fun Walk sejauh kurang lebih tiga kilometer. Dimulai dari halaman Kantor Gubernur melintasi Jalan Pahlawan, Jalan Sriwijaya, Jalan Singosari Raya, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Kusumawardani, Jalan Pahlawan, dan finish di gerbang Kantor Gubernur.

“Fun walk ini berkaitan dengan rangkaian Harganas 2024 Provinsi Jawa Tengah,” jelas Nana.

Selain Family Fun Walk, rangkaian kegiatan peringatan Harganas ke-31 Provinsi Jawa Tengah ini juga diramaikan dengan acara seremonial di dua tempat berbeda. Pertama di Purwokerto yang diikuti oleh peserta dari eks Karisidenan Banyumas, Pekalongan, dan Kedu. Kedua dilaksanakan di Jepara yang diikuti peserta dari eks Karisidenan Pati, Semarang, dan Solo.

“Antusiasme masyarakat cukup banyak yang mengikuti kegiatan itu,” kata Nana.

Dalam peringatan Harganas ini, juga dilaksanakan kegiatan pelayanan keluarga berencana di beberapa perusahaan, donor darah, dan lainnya. Rencananya, puncak Harganas akan dihadiri dihadiri Presiden RI di Kota Semarang pada 29 Juni 2024 mendatang.

Tinggalkan pesanan

email kami rahasiakan