Kejati Jateng dan Bank BNI Lakukan Penandatanganan MoU

Kajati Jateng Priyanto dan Pemimpin Wilayah BNI Kanwil Semarang Arif Suwarasono saat Penandatanganan Kerja Sama di Kantor Kejati Jateng, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (24/7).

SEMARANG – Kejaksaan Agung (Kejagung) RI bersama seluruh jajaran Kejaksaan Tinggi (Kejati) seluruh Indonesia, secara serentak meneken nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Satu diantaranya BNI Kantor Wilayah Semarang dan BNI Kantor Wilayah DI. Yogyakkarta.

Dalam MoU itu, kedua intistusi sepakat untuk bekerja sama dan mendukung satu sama lain, penegakan hukum serta pembangunan strategis dan aset. Kerja sama ini diharapkan menjadi bagian kejaksaan sebagai agen pembangunan yang melayani negeri dan menjadi kebanggan bangsa.

Di Semarang, penandatanganan dilakukan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jateng Priyanto, Pemimpin Wilayah BNI Kanwil Semarang Arif Suwarasono dan Kanwil DI. Yogyakarta diwakili Head of Network and Service (HNS) Adi Soenarto.

Kajati Jateng Priyanto mengatakan, kerja sama kedua belah pihak sejalan intruksi Jaksa Agung untuk menjadi lembaga penegak hukum dengan melaksanakan tugas, fungsi, dan kewenangan yang dimiliki secara optimal, profesional, proporsional, dan akuntabel serta mengoptimalkan kualitas kerjanya guna mengamankan dan menyukseskan jalannya program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Sedangkan, BNI memberikan dukungan berupa layanan perbankan digital, peningkatan kompetensi personel, dan pengelolaan keuangan melalui BNI Cash Management.

Terdapat enam point dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) tersebut, yakni penanganan masalah hukum bidang perdata dan tata usaha negara, optimalisasi kegiatan pemulihan aset, koordinasi penegakan hukum tindak pidana perbankan, tindak pidana umum lain terkait perbankan dan perkara pelanggaran lalu lintas, serta pengamanan pembangunan strategis dan aset pada BNI. Juga kerja sama pemanfaatan layanan jasa perbankan untuk pengelolaan keuangan di lingkungan kejaksaan, serta pengembangan kompetensi SDM.

Selain Kajati Jateng, saat pendatanganan MoU juga dihadiri Wakajati Jateng Dita Prawitaningsih, Asisten Intelijen Emilwan Ridwan, Asisten Pidana Umum Joko Purwanto, Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Asnawi, Asisten Pidana Khusus Ketut Sumedana, Asisten Pengawasan Dwi Harto, Asisten Pembinaan Yudha Purnawan Sudijanto dan Kabag TU Kejati Jateng Fajar Gurindro.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here