Kemenpar Target 20 Juta Wisatawan Asing Kunjungi Indonesia Tahun Ini

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya saat memberi keterangan kepada media, Jumat (4/1).

SEMARANG- Kementerian Pariwisata menargetkan sebanyak 20 juta wisatawan asing mengunjungi Indonesia di tahun 2019. Dengan masuknya 20 juta wisatawan asing tersebut diproyeksikan akan menyumbang devisa senilai Rp 20 miliar dolar.

“Target wisatawan nasional di tahun 2019 sebesar 20 juta dengan proyeksi devisa Rp 20 miliar dolar,” ujar Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Semarang, Jumat (4/1).

Adapun target kunjungan wisatawan asing di tahun 2018 mencapai 16 juta orang dan mampu menyumbang devisa senilai Rp 17 miliar dolar.

Ia pun optimistis target 20 juta wisatawan asing tersebut akan terpenuhi sehingga menjadikan pariwisata sebagai penyumbang devisa terbesar.

“Ketika itu terjadi pariwisata akan menjadi penyumbang devisa terbesar,” ucapnya.

Sementara itu khusus di Jawa Tengah, pihaknya menargetkan mampu menyumbang sebesar 10% atau 2 juta wisatawan asing.

“Target wisata asing Jateng 10%, dari 20 juta itu kita harapkan dua juta,” jelasnya.

Disebutnya, saat ini kunjungan wisatawan asing dari Jateng baru 500 ribu menuju 1 juta, sehingga target 2 juta tersebut tidak akan terpenuhi tanpa adanya percepatan pembangunan bandara baru New Yogyakarta Internasional Airport (NYIA).

“Dua juta itu tidak akan tercapai karena baru 500 ribu menuju satu juta kalau kita tidak punya bandara baru. Dan kalau saya diminta satu aja apa mintanya, saya akan minta bandara baru dipercepat itu New Yogyakarta,” ujarnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here