Kemensos Kebut Penyaluran Bansos Tunai Selesai Sebelum Lebaran

Menteri Sosial, Juliari Peter Batubara saat memantau penyaluran BST di Kantor Pos Regional IV Jalan Sisingamangaraja, Kota Semarang, Kamis (21/5/20).

SEMARANG – Kementerian Sosial tengah menggenjot penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada sekitar 8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Indonesia agar selesai sebelum lebaran.

Menteri Sosial, Juliari Peter Batubara meminta PT Pos Indonesia (Persero) untuk meningkatkan kinerjanya agar target penyaluran bantuan tunai tersebut tercapai. Penyaluran pun diharapkan selesai dalam 2 hari ini.

“Untuk PT Pos nggak ada Lebaran-lah pokoknya. Kerja terus sampai malam untuk memastikan saudara-saudara yang berhak menerima BST bisa mendapatkan atau menggunakan uang tersebut, mungkin untuk keperluan Lebaran,” kata Juliari saat memantau penyaluran BST di Kantor Pos Regional IV Jalan Sisingamangaraja, Kota Semarang, Kamis (21/5/20).

Mensos menjelaskan, secara nasional, terdapat sekitar 8 juta KPM BST di Indonesia. Dari jumlah itu, hampir 5 juta KPM sudah menerima BST dengan target penyaluran selesai pada H-1 lebaran atau pada 23 Mei 2020.

“Sudah ada 5 juta KK yang mendapat penyaluran BST. Makanya kami kebut dalam dua hari supaya masyarakat bisa menerima sebelum lebaran,” jelasnya.

Sementara itu, saat memantau penyaluran BST bagi warga Kota Semarang, Mensos turut berpesan agar bantuan sebesar Rp 600 ribu itu dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh KPM untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari di tengah pandemi Covid-19.

“Jangan digunakan untuk membeli rokok, ya. Gunakan untuk beli kebutuhan pokok dan kebutuhan lain yang penting,” pungkasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here