Kemensos Perpanjang Program Bantuan Sosial Tunai Hingga Juni 2021

Menteri Sosial Juliari P Batubara saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (4/11/20).

SEMARANG – Pemerintah memastikan program Bantuan Sosial Tunai (BST) akan berlanjut pada tahun depan. Bantuan tersebut direncanakan tetap diberikan selama Januari hingga Juni 2021.

Bansos tunai tersebut merupakan salah satu program perlindungan sosial dalam pandemi corona (Covid-19). Meski begitu, BST tidak dianggarkan untuk diberikan sepanjang tahun 2021 mendatang.

“Bansos tunai ini memang masih kami anggarkan dari Januari sampai Juni 2021 saja,” ujar Menteri Sosial Juliari P Batubara saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (4/11/20).

Mensos mengatakan, sejalan dengan itu, program reguler seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) juga akan langsung disalurkan.

Program bantuan tersebut juga akan kembali dijalankan sepanjang tahun yakni Januari hingga Desember 2021.

“Sesuai arahan presiden beberapa program akan kami jalankan kembali di tahun 2021, baik yang sifatnya reguler yaitu PKH dan BPNT sepanjang tahun Januari hingga Desember 2021, dengan indeks dan target yang sama. Dan untuk BST hingga Juni 2021 saja,” ungkapnya.

Di sisi lain, pemerintah juga akan mempertimbangkan kondisi di lapangan, sehingga jika program-program lainnya masih diperlukan di tahun depan, maka tak menutup kemungkinan untuk dilanjutkan kembali.

“Nanti tentunya sesuai arahan Presiden, kita lihat lagi. Karena apa yang disampaikan beliau anggaran kita juga harus bisa fleksibel melihat kondisi, sehingga program-program yang ada tentunya nanti bisa kita sesuaikan kembali,” ujarnya.

Juliari menambahkan, penyaluran bansos tunai saat ini terus berjalan hingga Desember 2020 nanti. Adapun dari total anggaran Rp 32,4 triliun, realisasi penyaluran program bansos tunai ini telah mencapai Rp 25,86 triliun atau sebesar 79,80 persen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here