UmumPendidikanLewat Kegiatan Pajak Bertutur 2021, Pelajar Diajak Lebih Dekat...

Lewat Kegiatan Pajak Bertutur 2021, Pelajar Diajak Lebih Dekat dan Bangga Pajak

-

- Advertisment -spot_img


Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah I, Teguh Budiharto, dalam kegiatan Pajak Bertutur 2021 bertemakan ‘Generasi Muda Sadar Pajak Wujud Bela Negara’ yang disiarkan melalui Youtube Kanwil DJP Jawa Tengah I dan Aplikasi Zoom Meeting, Rabu (25/8/2021). Foto : ist/zonapasar.com

SEMARANG- Kanwil DJP Jawa Tengah I, Rabu (25/8/2021), mengadakan kegiatan Pajak Bertutur 2021 bertemakan ‘Generasi Muda Sadar Pajak Wujud Bela Negara’. Acara disiarkan melalui Youtube Kanwil DJP Jawa Tengah I dan Aplikasi Zoom Meeting, bertempat di ruang Aula Lantai 2 Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah I Kota Semarang.

Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah I, Teguh Budiharto mengatakan, kegiatan Pajak Bertutur merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pajak sebagai bentuk edukasi perpajakan kepada calon wajib pajak masa depan (future tax payer). Kegiatan ini merupakan bagian dari program Inklusi Kesadaran Pajak dalam pendidikan yang termasuk dalam Rencana Strategis DJP tahun 2020-2024, dengan tujuan untuk membentuk generasi emas Indonesia yang cerdas dan sadar pajak.

Turut mengundang Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Prof. Dr. Mushadi, M.Ag dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Bapak Gunawan Saptogiri, S.H.,M.M.,. Beliau dinobatkan sebagai Insan Inklusi Kesadaran Pajak tahun 2021.

Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Prof. Dr. Mushadi, M.Ag adalah relawan pajak non mahasiswa yang sangat aktif menyelenggarakan kegiatan dengan cara menyisipkan materi perkuliahan muatan inklusi pajak. Begitu pula Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri, S.H.,M.M., secara aktif berkontribusi dalam melakukan Perjanjian Kerjasama dengan menyisipkan materi inklusi kesadaran pajak di tingkat Sekolah Dasar Negeri (SDN) dengan jumlah 325 unit sekolah dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) berjumlah 44 unit sekolah se-Kota Semarang.

Kegiatan ‘Pajak Bertutur’ diikuti oleh 500 perwakilan siswa-siswi yang berasal dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi di wilayah Kanwil DJP Jawa Tengah I, meliputi Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Salatiga, Kudus, Blora, Pemalang, Rembang dan Kendal. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB, diawali dengan pembacaan doa dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan sambutan Kepala Kantor Wilayah DJP Jawa Tengah I Teguh Budiharto.

Dalam sambutannya, Teguh mengungkapkan, pentingnya Pajak sebagai tulang punggung penerimaan negara dengan kontribusi lebih dari 71% dalam penerimaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Hal ini membuktikan bahwa pajak berperan penting dalam pembiayaan berbagai sektor, seperti pembangunan infrastruktur seperti sekolah, rumah sakit, jalan dan jembatan, dll, pembayaran gaji dan tunjangan pegawai negeri sipil seperti para guru, polisi, tentara dll, Dana BOS, serta terkait kondisi saat ini adalah dalam hal penanganan Covid-19.

Teguh berharap, para siswa sebagai Calon Wajib Pajak masa depan sudah seharusnya dapat menyadari pentingnya kesadaran pajak sejak dini, dengan tidak menjadi free rider di negara ini demi mewujudkan Pajak Kuat Indonesia Maju.

Hadir pula Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. Dalam acara, Menteri Keuangan Menyapa melalui relay Youtube Direktorat Jenderal Pajak. Beliau menyampaikan edukasi, sosialisasi pemahaman melalui pajak harus dilakukan bahkan sejak dini.

“Seharusnya pendidikan mengenai ketatanegaraan, kewarganegaraan, kecintaan kepada negara kita sendiri harus dalam satu nafas dengan kewajiban untuk membayar pajak. Karena itu merupakan bentuk bernegara yang paling konsisten dan paling mampu untuk menjaga kepentingan negara,” ujarnya.

Beliau mengajak para generasi muda ikut dalam program Inklusi Kesadaran Pajak yang bertujuan untuk memahami dan menjaga negaranya melalui kesadaran pajak dalam mewujudkan cita-cita generasi emas yang cerdas dan sadar pajak.#PajakKuatIndonesiaMaju.(zav)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Pengusaha Makin Sadar Pakai Dexlite

SEMARANG– Kesadaran penggunaan Dexlite sebagai bahan bakar minyak (BBM) ramah lingkungan dengan emisi pembakaran yang rendah di kalangan pengusaha...

XL Axiata dan Vision+ Luncurkan Paket Bundling

JAKARTA- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperkuat bisnis layanan Over The Top (OTT) dan layanan hiburan, seiring...

PLN Gelar PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride

JAKARTA– PLN kembali menggelar kegiatan virtual charity run and ride pada 16 Oktober s.d. 7 November 2021. Virtual Charity...

Ajak Masyarakat Bijak Gunakan BBM, Pertamina Dorong Solar Subsidi Tepat Sasaran

SEMARANG – Sebagai badan usaha yang menerima penugasan dari pemerintah dalam menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) subsidi, dalam hal...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Hotel Santika Pekalongan Gratiskan Ambil Kopi dan Teh Setiap Hari

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan merupakan salah satu hotel bintang 3 yang terletak di Kota Pekalongan. Memiliki letak yang...

Menjadi Programmer Sukses Masa Kini

JEPARA - Market Corner Goes To School yang merupakan kegiatan kolaborasi antara Up Radio dan Gmedia yang  pada bulan...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda