Ekonomi BisnisMau ke Luar Negeri? Ini 6 Tips Menukar Uang...

Mau ke Luar Negeri? Ini 6 Tips Menukar Uang Agar Tak Rugi

-

- Advertisment -spot_img

BAGI kamu yang akan bepergian ke luar negeri, pastinya akan memersiapkan sejumlah dana dalam bentuk mata uang asing negara tujuan. Hal itu tentu untuk mempermudah dalam melakukan transaksi, sehingga terasa aman dan nyaman.

Meski demikian, menukarkan uang rupiah ke dalam mata uang asing perlu dilakukan dengan hati-hati, terutama jika kamu akan menukarkannya dalam jumlah yang besar.

Kamu harus tetap teliti, jangan sampai dikenai selisih nilai tukar yang cukup besar sehingga dirugikan.

Nah, sebelum itu ada beberapa hal yang bisa diperhatikan saat akan menukar uang rupiah ke mata uang asing berikut ini:

1. Pastikan Jumlah Uang yang Akan Dibawa

Hal yang bisa kamu lakukan pertama kali yakni dengan menghitung dulu jumlah uang yang akan dibawa. Penting selalu membawa uang dalam jumlah yang cukup, tidak terlalu banyak maupun pas-pasan, mengingat akan bepergian jauh ke luar negeri.

Pastikan jumlah ini mencukupi semua kebutuhan selama di luar negeri, seperti makan, transportasi, akomodasi, belanja, dan yang lainnya yang kamu anggap penting.

2. Tukarkan Uang di dalam Negeri

Semua negara biasanya terdapat money changer, namun kamu harus tahu jika berwisata ke negara yang tidak terlalu terkenal akan susah menemukan money changer untuk menukar uangmu.

Alangkah baiknya, kamu menukarkan uang di Indonesia supaya lebih aman. Selain itu kamu juga bisa menukarkan uang rupiahmu ke mata uang dolar AS, karena hampir semua negara bisa menerima penukaran mata uang ini.

3. Pilih Tempat Penukaran yang Tepat

Hindari tempat menukarkan uang di bandara atau bahkan di bank, sebab di tempat ini nilai tukar uang akan lebih rendah, terutama di bandara.

Kamu harus pintar-pintar memilih money changer sebagai tempat menukar uang, mengingat tempat ini akan memberikan nilai tukar paling tinggi, jika dibandingkan dengan tempat penukaran lainnya.

4. Ketahui Nilai Tukar Uang Rupiah Mu

Sebelum kamu datang ke money changer, kamu harus mencari tahu tentang nilai tukar mata uang mu. Tanya-tanya lah dulu berapa perbandingannya agar sama-sama diuntungkan dan tidak perlu terburu-buru.

Namun jika kamu telah punya tempat money changer kepercayaan, kamu sudah bisa menukarkan uang mu sesuai jumlah yang diinginkan.

5. Pahami Waktu Penukaran

Ketika kamu akan menukarkan uang, pilihlah waktu yang paling tepat, di mana kurs tengah stabil. Menukarkan uang di awal pekan, bisa dijadikan sebagai pertimbangan, mengingat di saat-saat ini kurs cenderung stabil. Selain itu, kamu pula bisa menukarkan uang beberapa hari sebelum keberangkatan.

6. Jika Sisa Tukarkan Kembali ke Rupiah

Ketika kamu masih memiliki uang sisa yang cukup banyak dan tidak ingin menyimpan mata uang asing, tidak ada salahnya menukarkan kembali uang tersebut ke dalam Rupiah.

Dan jika ingin menukarkan kembali uang ke dalam Rupiah, ada baiknya kamu melakukannya saat masih di luar negeri, mengingat beberapa negara bisa memberikan nilai tukar yang lebih tinggi dan menguntungkan.

Demikian hal yang bisa kamu perhatikan, menukarkan uang ke mata uang asing bukan pekerjaan yang sulit bukan. Kamu hanya perlu meluangkan waktu secara khusus untuk pekerjaan ini sehingga bisa mendapatkan nilai tukar terbaik. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN UP2D Garap Pemeliharaan Kubikel GI Mranggen

SEMARANG- PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jawa Tengah dan DIY, pada Minggu (21/11/2021) telah melaksanakan kegiatan pemeliharaan rutin...

BCA Hadirkan Bakti Sosial Operasi Katarak Bersama Perdami

PURWOKERTO, 27 November 2021 – Katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan bagi indera penglihatan yang dapat diderita siapa saja....

DPD MKGR Jawa Tengah Dukung Airlangga Hartarto Jadi Presiden

SEMARANG - Pelantikan Pengurus DPD Ormas MKGR Jawa Tengah digelar di Ballroom Hotel Santika Kota Semarang, Sabtu (27/11/2021). Sebelumnya, Musda...

SGM Eksplor Apresiasi Guru Bersama Alfamart

JAKARTA - Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui merek susu pertumbuhan SGM Eksplor bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Ada Pameran SAUTO Expo di Mal Ciputra Semarang, Deretan Mobil Baru Turut Dihadirkan

SEMARANG - Deretan mobil terbaru bakal dipamerkan dalam SAUTO Expo di atrium Mal Ciputra Semarang pada 26 November hingga...

200 Pedagang Pasar Kaliwungu Kendal Gunakan Transaksi Digital QRIS

KENDAL - Sebanyak 200 pedangang di Pasar Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sudah menggunakan transaksi digital dengan Quick Response...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda