Menteri Hanif Dhakiri Serahkan Sertifikat Kompetensi Kepada 1.000 Siswa BBPLK Semarang

Menteri M. Hanif Dhakiri saat menyerahkan secara simbolis sertifikaat kompatensi kepada lulusan peserta pelatihan kerja Balai Besar Pelatihan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang, Jawa Tengah, Selasa (13/11).

SEMARANG- Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri menyerahkan 1000 sertifikat kompetensi kepada lulusan peserta pelatihan kerja Balai Besar Pelatihan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang, Jawa Tengah, Selasa (13/11).

“Kami hari ini memberikan sertifikat kepada lulusan BBPLK di Semarang. Saya berharap setelah para lulusan memegang sertifikat akan memudahkan langkah mereka dalam memperoleh pekerjaan,” kata Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri usai membagikan 1.000 sertifikat di BBPLK Semarang.

Menteri Hanif mengatakan, pembagian sertifikat dirasa sangat penting. Pasalnya, perusahaan akan semakin percaya dengan kompetensi pelamar yang memegang sertifikat.

Dilanjutkan, Kemenaker telah menerbitkan 250.000 sertifikat sepanjang 2018. Jumlah tersebut meningkat bila dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya sekitar 150.000 sertifikat. Untuk target penerbitan sertifikat, Kemenaker akan menebitkan sebanyak mungkin sesuai kebutuhan.

Disebutnya, Kemenaker juga terus melakukan percepatan peningkatan kompetensi tenaga kerja sebagai langkah peningkatan SDM.

“Para lulusan terus kami dorong untuk meningkatkan kompetensi. Ini dirasa penting karena, di era Industri 4.0 inovasi sangat diperlukan untuk dapat bersaing,” terangnya.

Ditambahkan, jumlah angkatan kerja Indonesia mencapai 131 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, angkatan kerja masih didominasi lulusan SD dan SMP dengan presentase sebanyak 58%.

“Selama ini angakatan kerja masih didominasi oleh lulusan SD dan SMP dengan angka 58%,” jelasnya.

Sementara itu, dimasa depan, lanjutnya 85% tenaga kerja akan lebih banyak menggunakan soft skill, sehingga kemampuan soft skill harus mulai dipupuk sejak sekarang agar mampu bersaing. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here