Ekonomi BisnisMenyambut HUT BPJS Kesehatan ke-51, BPJS Gencarkan Kegiatan Prolanis

Menyambut HUT BPJS Kesehatan ke-51, BPJS Gencarkan Kegiatan Prolanis

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – BPJS Kesehatan melalui program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) menjamin pelayanan kesehatan bagi pesertanya secara komprehensif, meliputi promotif dan preventif, kuratif (pengobatan) dan rehabilitatif (pemulihan kesehatan) dimana Pelayanan kesehatan bisa diberikan atas indikasi medis (bukan keinginan peserta) dan tidak memandang berat ringannya suatu penyakit atau diagnosa.

Program Pengelololaan Penyakit Kronis (Prolanis) adalah sistem pelayanan kesehatan dengan pendekatan proaktif kepada Peserta JKN-KIS yang melibatkan peserta, fasilitas kesehatan (faskes) dan BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program dalam rangka memelihara kesehatan peserta JKN-KIS yang menderita penyakit kronis sehingga peserta dapat mencapai kualitas hidup yang optimal dengan biaya pelayanan efektif dan efisien.

Untuk memberikan pemahaman lebih kepada peserta Prolanis dan petugas di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tentang pentingnya Program Pengelolaan Penyakit Kronis atau Prolanis, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) BPJS Kesehatan yang ke-51, pada tanggal 19 dan 21 Juni 2019 yang lalu BPJS Kesehatan KC Semarang mengadakan Kegiatan BPJS Kesehatan mengajar sekaligus Sosialisasi Program Promotif Preventif tahun 2019 yang diikuti oleh perwakilan peserta Prolanis dan PIC/Petugas FKTP dari seluruh FKTP di Kota Semarang dan Kabupaten Demak.

“Dengan menjadi peserta Prolanis, banyak keuntungan yang dapat dirasakan oleh peserta, antara lain meningkatnya komunikasi atau hubungan yang baik antara dokter dan pasien serta dokter yang akan senantiasa memantau status/kondisi kesehatan peserta Prolanis secara rutin setiap bulannya. Peserta Prolanis akan mendapatkan informasi tentang jadwal periksa Laborat rutin, jadwal kegiatan senam dan edukasi, pemantauan kepatuhan minum obat dan konsultasi lainnya misal konsultasi diet/gizi. Semoga dengan mengikuti kegiatan Prolanis bisa menjadi motivasi Bapak Ibu peserta Prolanis, walaupun menderita penyakit kronis namun tetap semangat dan bahagia agar kesehatannya dapat terkendali dengan baik” kata Asri Wulandari Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Semarang .

Per Juni 2019 peserta prolanis yang terdaftar dan aktif mengikuti program-program prolanis sebanyak 39.402 untuk peserta Prolanis DM dan 17.587 untuk Peserta Prolanis Hipertensi di wilayah Semarang dan Kabupaten Demak.

Salah satu penderita Diabetes Melitus (DM) yang telah merasakan manfaat adanya program Prolanis ini adalah Krisni, salah satu peserta prolanis dari Klinik Esti Husada Semarang yang ikut hadir dalam acara BPJS Kesehatan Mengajar.

Krisni mengaku sudah satu (1) tahun tergabung dalam klub prolanis Klinik Esti Husada, bahkan selama 1 tahun ini Krisni menyampaikan bahwa penyakitnya tidak pernah kumat lagi dan jauh lebih terkontrol dari sebelumnya.

“Program Prolanis membantu saya mengontrol penyakit DM saya, dengan ikut Prolanis, dari klinik, saya mendapatkan obat-obatan dan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Selain itu saya juga termotivasi menjaga kesehatan saya dengan tetap bergerak aktif dan mengikuti kegiatan-kegiatan di klub Prolanis seperti senam dan penyuluhan kesehatan” kata Krisni.

Pada acara tersebut, Dokter Mugi dari Klinik Mugi Sehat memberikan sedikit materi mengenai Prolanis sekaligus mengajak seluruh peserta Prolanis untuk melakukan aktifitas fisik sejenak dengan Senam Prolanis selama 5 menit. Dokter Mugi menyampaikan bahwa Diabetes Melitus dan Hipertensi itu merupakan penyakit yang gaul karena dia itu bisa “jalan jalan kemana mana”, dia bisa menyerang organ- organ vital lainnya.

Sehingga bagi penderita penyakit tersebut perlu pemantauan khusus dengan disiplin dan patuh untuk melakukan aktivitas fisik, pemeriksaan laboratorium dan minum obat secara rutin agar tidak timbul komplikasi yang lebih parah. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ramadan Kareem ala Patra Semarang

SEMARANG -  Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh umat muslim, salah satu momen yang paling dinanti setelah seharian...

JNE Berikan Promo Berlimpah di Bulan Ramadhan 2021

SEMARANG – Bulan Ramadhan telah tiba, seluruh masyarakat menyambut antusias dengan tradisi untuk saling berbagi kepada keluarga dan kerabat....

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...
- Advertisement -spot_imgspot_img

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda