Muhammadiyah – Asperindo Buka Gerai “Multi Ekspres” di Demak

Gerai bersama Multi Ekspres nantinya akan dimiliki oleh Panti Asuhan Muhammadiyah Aisiyah yang dikoordinir oleh Majelis Pelayanan Sosial PWM Jawa Tengah.

DEMAK- Bisnis jasa pengiriman dan logistik saat ini kian bertumbuh dari tahun ke tahun seiring dengan kemajuan teknologi informasi yang berimbas pada maraknya e-commerce.

Melihat peluang tersebut, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah menggandeng Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Pos dan Logistik Indonesia (ASPERINDO) untuk membangun bisnis jasa pengiriman dengan membuka gerai bersama Multi Ekspres.

Secara resmi, Muhammadiyah Jateng dengan ASPERINDO menandatangi kerjasama untuk membuka keagenan gerai bersama Multi Eskpres di Demak Jawa Tengah dalam acara Silaturahmi Pimpinan Muhammadiyah, Ortom, dan Amal Usaha Muhammadiyah di RS Fatihah Sulhan-PKU Muhammadiyah Demak, Minggu (22/7).

Ketua PW Muhammadiyah Jateng, Drs H Tafsir M.Ag mengatakan, gerai bersama nantinya dimiliki oleh Panti Asuhan Muhammadiyah Aisiyah yang dikoordinir oleh Majelis Pelayanan Sosial PWM Jawa Tengah.

Pada abad ke-2 ini, katanya, Muhammadiyah bakal memfokuskan pada pemberdayaan ekonomi secara luas, salah satunya dengan bekerjasama dengan perusahaan jasa pengiriman dan logistik.

“Gerai Bersama merupakan bagian dari jihad persyarikatan di bidang ekonomi untuk menyejahterakan umat,” paparnya disela-sela acara silaturahmi di Demak, Minggu.

Pihaknya optimistis bahwa keberadaan Gerai Bersama Multi Ekspres sebagai sarana latihan kerja bagi anak-anak panti asuhan ke arah kemandirian. Dengan demikian, akan tercipta lapangan kerja bagi anak-anak panti asuhan setelah mereka lulus sekolah.

“Saat ini, panti tidak hanya mengandalkan bantuan dari masyarakat luas. Namun, harus menjadi panti mandiri. Ini juga mendidik anak panti asuhan menjadi saudagar baru. Dulu, kelahiran Muhammadiyah diisi oleh para saudagar, saat ini juga harus seperti itu,” jelasnya.

Ketua Umum DPP ASPERINDO M. Feriadi mengatakan teknologi yang berkembang pesat saat ini banyak merubah perilaku masyarakat. Hal ini tentunya memberikan kesempatan atau peluang bagi siapapun untuk berusaha/mengembangkan bisnis.

“Kami berterimakasih kepada Muhammadiyah Jawa Tengah, karena bisa mengembangkan jaringan dengan gerai bersama Multi Ekspres,” paparnya.

Menurutnya, gerai bersama Multi Ekspres sudah dibuka di Jakarta dengan perkembangan yang cukup baik. Melalui jaringan yang dimiliki oleh Muhammadiyah, tentu ini menjadi mitra strategis ASPERINDO.

Pihaknya berharap bisa mengispirasi instansi lain untuk bekerjasama dengan ASPERINDO, dalam hal ini gerai bersama Multi Ekspres dikelola oleh Koperasi ASPERINDO.

“Ini akan membuat UKM akan menjadi lebih baik. Apalagi sekarang, e-commerce bertumbuh pesat. Tentu bisa mendapatkan customer yang lebih jauh, tidak terbatas pada satu wilayah. Ini membuka pasar baru, bukan menyingkirkan pasar yang sudah ada. Secara produksi, ini bisa meningkatkan produktivitas,” ujarnya.

Perusahaan jasa pengiriman yang tergabung dalam gerai bersama yakni JNE, PCP Ekspres, UPS, Dakota, Pandu Logistics. Masing-masing perusahaan memiliki kekuatan sendiri-sendiri, baik di domestik, internasional, angkutan darat dan kelebihan lainnya.

Menurut dia, saat ini telah terjadi pergeseran yang semula keputusan pengiriman dari penjual, sekarang justru pembeli yang menentukan perusahaan jasa pengiriman yang disukai.

“Dalam sistem e-commerce yang berkembang saat ini, begitu ada perintah dari pembeli untuk mengirimkan barang melalui anggota multi ekspres, mereka tinggal melakukan transaksi disitu,” paparnya.

Acara penandatangan kerjasama itu disaksikan langsung oleh Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Sekda Provinsi Jateng Sri Puryono, pimpinan Muhammadiyah, Ketua DPP ASPERINDO M. Feriadi. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here