UmumKesehatanMusim Hujan Tiba, Waspadai Beberapa Penyakit Ini

Musim Hujan Tiba, Waspadai Beberapa Penyakit Ini

-

- Advertisment -spot_img

Istimewa.

SEMARANG- Menjelang akhir tahun, hampir seluruh wilayah di Indonesia dan khususnya di Kota Semarang mulai dilanda hujan. Selain menyiapkan payung atau jas hujan serta baju tebal, pastikan juga tubuh tetap sehat.

Faktanya, ketika musim hujan tiba, beberapa penyakit akan mudah menyerang seseorang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Semarang, Mada Gautama mengemukakan, beberapa penyakit saat musim hujan tiba harus benar-benar diwaspadai agar aktifitas keseharian tidak terganggu.

“Beberapa penyakit yang sering menyerang saat musim hujan biasnya Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) dan ada juga yang sakit perut. Namun paling banyak ISPA itu yang harus diwaspadai,” kata Mada Gautama, Rabu (7/11).

Dikatakan, mengantisipasi serangan penyakit itu, kekebalan tubuh harus benar-benar dijaga agar tidak mudah terserang. Asupan makanan sehat dan bergizi kata dia juga perlu diperhatikan.

“Saat ini kan masih musim pancaroba, ini harus kita perhatikan daya tahan tubuh kita, karena dari panas ke dingin manusia itu kan harus punya adapatsi tubuh yang bagus. Kalau badan kita lemah, bisa kena ISPA,” jelasnya.

Sementara itu lanjutnya, mengantisipasi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) beberapa tempat harus mulai diawasi agar tidak menjadi sarang atau tempat berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti yang bisa menyebabkan DBD.

“Kita harus waspada genangan air jernih, nyamuk justru sukanya kan di air yang jernih, bukan air kotor. Ini ada salah persepsi ketika ada gotong royong kemudian yang dibersihkan selokan, nah itu salah besar. Yang harus diperhatikan juga tempat-tempat seperti fas bunga, dispenser, belakang kulkas, tempat bendera, itu enggak kelihatan tapi sering jadi sarang nyamuk,” ucapnya.

Disebutnya, akibat serangan DBD, pada tahun 2018 ini ada satu orang yang meninggal dunia. Namun, kata dia jumlah tersebut sudah menurun drastis, dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“DBD di kota Semarang Alhamdulillah ini sudah menurun drastis. Kita se Jateng rangking 22, dan sampai bulan ini semoga tidak tambah lagi satu orang meninggal dunia,” ungkapnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Lebih Dari 20 Ribu Pelanggan Manfaatkan Promo Tambah Daya PLN

JAKARTA – Program promo tambah daya listrik “Ramadan Peduli“ dan "Ramadan Berkah" disambut baik oleh pelanggan. Hingga 16 Mei...

ARTUGO Luncurkan Peranti Dapur Dengan Spesifikasi Istimewa

*Dukung Wirausaha Pemula TANGERANG- Diujung semester pertama tahun 2021, ARTUGO kembali meluncurkan sederet peranti dapur terbarunya. Tak tanggung – tanggung,...

Pertamina Berbagi Berkah Bulan Ramadhan

*Bantu Sarana Prasarana Panti Asuhan di Jateng-DIY SEMARANG– Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah menjalankan program...

Lebaran di Pekalongan Aja Menginap di Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Lebaran Sebentar lagi. Hari yang di identikan dengan kemenangan umat muslim di seluruh dunia yang selalu di...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Pertamina Siagakan Agen dan Pangkalan LPG

*Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H SEMARANG– Menyambut Idul Fitri 1442 H, Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah menetapkan...

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda