UmumTransportasiNatal dan Tahun Baru, Daop 4 Semarang Siapkan 82...

Natal dan Tahun Baru, Daop 4 Semarang Siapkan 82 Perjalanan KA

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG- Menyambut masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2019, PT KAI DAOP 4 Semarang telah menyiapkan sarana, prasarana, dan SDM untuk mendukung kelancaran pelaksanaan angkutan Nataru seperti tahun-tahun sebelumnya.

Selama masa Nataru tersebut, PT KAI Daop 4 Semarang akan mengoperasikan total 82 perjalanan KA penumpang dengan total kapasitas tempat duduk berjumlah 44.348 setiap harinya.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto mengatakan, tahun ini, masa angkutan Nataru ditetapkan selama 18 hari yakni mulai tanggal 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019.

Diprediksi puncak lonjakan penumpang kereta api di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang akan terjadi sebanyak 2 kali, yaitu pada tanggal 25 Desember 2018 sebanyak 25.679 penumpang dan 1 Januari 2019 sebanyak 26.312 penumpang.

“Selama masa angkutan tersebut, seluruh pegawai PT KAI Daop 4 Semarang dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun dan tidak diperkenankan mengambil cuti tahunan,” ujar Suprapto, Senin (10/12).

Dilanjutkan, PT KAI Daop 4 Semarang juga akan mengoperasikan 12 KA tambahan dengan total kapasitas seat sebanyak 6.976 per hari. KA tersebut sebagian besar mulai beroperasi pada 20 Desember 2018 hingga 7 Januari 2019. Pada beberapa KA seperti Brantas Tambahan, operasionalnya akan dimulai sejak 13 Desember 2018.

“Masyarakat yang ingin mendapatkan tiket KA tambahan tersebut dapat melakukan pembelian di seluruh channel resmi penjualan tiket kereta api sejak tanggal 16 November 2018 yang lalu, antara lain aplikasi ponsel resmi KAI yakni KAI Access, situs kai.id, Contact Center 121/ (021) 121, loket, maupun channel eksternal yang telah bekerja sama dengan KAI seperti gerai minimarket, Traveloka, Tiket.com, Tokopedia, agen resmi dan lain-lain,” ucapnya.

Ditambahkan, selama angkutan Nataru tersebut, PT KAI Daop 4 Semarang menyiapkan 173 personel keamanan yang terdiri dari 99 personel Polsuska (keamanan internal KAI), 8 personel TNI, 4 personel Pawang K-9 untuk mengoperasikan 2 unit K-9, dan 62 personel Brimob.

“Personel keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, maupun secara mobile melakukan patroli di jalur KA dan obyek-obyek penting lainnya seperti dipo lokomotif dan kereta,” terangnya.

Dilanjutkan, dari aspek prasarana, seperti tahun-tahun sebelumnya PT KAI Daop 4 Semarang bersiap siaga untuk daerah-daerah rawan bencana alam.

PT KAI Daop 4 Semarang mendeteksi sebanyak 6 titik yang menjadi kewaspadaan karena potensi rawan berupa banjir pada jalur rel di wilayahnya sepanjang 656 Km dari Tegal – Cepu – Gundih.

Enam titik yang menjadi kewaspadaan dan dijaga 24 jam tersebut diantaranya 1 titik antara Stasiun Plabuan – Stasiun Krengseng, 3 titik diantara Stasiun Plabuan – Stasiun Kuripan, 1 titik diantara Stasiun Kuripan – Ujung Negoro dan 1 titik antara Semarang Tawang – Alastua.

“Untuk itu, pihak PT KAI Daop 4 Semarang menyiapkan strategi manajemen resiko bernama “AMUS” (Alat Material Untuk Siaga). AMUS ini diantaranya berupa penyiapan alat pemelihara rel jenis MTT, batu balas, bantalan rel, pasir, karung, besi H Beam (untuk jembatan), alat penambat rel, dan para personil perawatan prasarana yang siap 24 jam di titik-titik yang telah ditentukan,” terangnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Pakai Smartfren di Realme C21 Ada Bonus Kuota 384 GB Hingga Hadiah Smart TV

JAKARTA - Smartfren kembali menghadirkan paket bundling terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini pelanggan yang membeli smartphone Realme...

XL Axiata Donasikan 100 Laptop ke Belasan Pesantren

BOYOLALI -  PT XL Axiata (XL Axiata) menyalurkan donasi 100 unit laptop dan sarana akses internet untuk 12 pondok pesantren...

Apindo Semarang Jamin Perusahaan Bayar THR Secara Penuh

SEMARANG - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Semarang memastikan perusahaan di kawasan ini akan membayar Tunjangan Hari Raya (THR)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Dipimpin Evolusi OLED, Lini TV LG Tahun 2021 Siap Meluncur

JAKARTA - PT LG Electronics Indonesia (LG) mengeluarkan pernyataan kesiapan perusahaan dalam memperkenalkan lini TV terbarunya di tahun ini....

SIG Bukukan Laba Rp450,36 Miliar

*Kuartal I Tahun 2021 JAKARTA– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Kuartal I tahun 2021 mencatatkan laba yang dapat diatribusikan...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda