Ngopi Bareng KAI di Stasiun Tawang

*ENJOY YOUR JOURNEY WITH INDONESIAN COFFEE

SEMARANG– Industri kopi di Indonesia saat ini terus berkembang. Mulai dari coffee shop sampai dengan kedai kopi kecil sudah semakin menjamur di kota-kota di Indonesia. Kopi bahkan sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Sayangnya, masih banyak coffee shop bahkan kedai kopi yang belum menggunakan biji kopi asli Indonesia. Beberapa lapisan masyarakat bahkan merasa lebih bangga mengkonsumsi kopi trademark dari luar negeri.

Melihat kondisi inilah, PT KAI merasa perlu dan peduli untuk memperkenalkan dan meningkatkan daya saing kopi asli Indonesia kepada masyarakat luas. Oleh karena itu, PT KAI bekerja sama dengan Komunitas Kopi dan PT Reska Multi Usaha (anak perusahaan PT KAI), menggelar kegiatan pembagian kopi gratis “Ngopi Bareng KAI – Enjoy Your Journey With Indonesian Coffee”.

“Kopi gratis diberikan kepada penumpang KA dan masyarakat yang berada di sekitar stasiun. Dalam kegiatan yang berlangsung selama 2 hari, 30-31 Januari 2018 ini diikuti barista lokal profesional yang turut hadir menemani perjalanan para pengguna jasa KA,” terangnya Suprapto, Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang.

Menurutnya, Para barista pun turut menyuguhkan kopi gratis bagi 100 penumpang pertama yang dapat menunjukkan aplikasi KAI Access generasi terbaru yang sudah terinstal dan terdaftar di ponselnya kepada petugas KA. Para barista ini akan menemani para penumpang di perjalanan KA di bawah ini selama 30-31 Januari 2018.

“Total sebanyak 80 perjalanan kereta api di Pulau Jawa yang akan diramaikan dengan event ini,di mana 12 perjalanan kereta api berada di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang,” katanya.

Tidak hanya penumpang KA, lanjutnya, masyarakat yang berada di sekitar stasiun pun dapat menikmati kopi gratis racikan para barista lokal ini. Sebanyak 16.000 cup kopi gratis dapat dinikmati masyarakat di 13 stasiun, yakni Gambir, Pasarsenen, Bandung, Cirebon, Tegal, Semarang Tawang, Purwokerto, Tugu Yogyakarta, Solobalapan, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Malang, dan Jember setiap harinya selama dua hari pelaksanaan festival.

“Untuk Stasiun Semarang Tawang sendiri, akan dibagikan sebanyak 3.000 cup kopi. Sedangkan 1.000 cup kopi gratis disuguhkan di Stasiun Tegal. Kopi berasal

dari berbagai varietas nasional secara gratis,” ujarnya.

Masyarakat hanya diminta menunjukkan aplikasi KAI Access generasi terbaru yang sudah diinstal dan terdaftar di ponselnya kepada petugas/panita di area festival “Ngopi Bareng KAI” di stasiun. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan PT KAI terhadap para petani kopi Indonesia, sekaligus memperkenalkan bahwa Indonesia kaya dan memiliki berbagai macam varietas kopi dari masing-masing daerah.

“Saat kegiatan “Ngopi Bareng KAI” ini berlangsung akan dibagikan 50.000 cup kopi asli Indonesia gratis,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini PT KAI mengikutsertakan 200 orang barista lokal untuk ikut berperan memperkenalkan kopi asli Indonesia kepada masyarakat. PT KAI juga memberikan kesempatan kepada pegiat kopi Nusantara untuk dapat menjual produk mereka kepada masyarakat.

Produk yang dijual berupa green bean, roast bean, kopi bubuk, serta cold brew. Bagi masyarakat pecinta kopi, bisa turut meramaikan kegiatan festival kopi “Ngopi Bareng KAI – Enjoy Your Journey With Indonesian Coffee” ini untuk mendukung daya saing produk kopi Nusantara yang tak kalah nikmatnya dengan kopi-kopi impor.

“Diharapkan dengan kegiatan ini, bisa meningkatkan minat dan kecintaan masyarakat kepada produk kopi nasional. Sehingga dengan penggunaan produk kopi nasional ini, bisa meningkatkan taraf hidup para petani kopi di Indonesia, sekaligus bisa memperkenalkan keungulan kopi Indonesia ke manca negara melalui promosi konsumsi produk copi Indonesia,” pungkasnya.(ZP02)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here