Pelindo III Gelar 2000 Rapid Test Gratis Bagi Calon Penumpang 

Penumpang kapal laut mengikuti rapid test gratis di depan terminal penumpang pelabuhan tanjungmas semarang, jumat (26/6).

SEMARANG – Pelindo III terus berupaya mewujudkan program pemerintah dalam upaya memutus penyebaran Covid-19 di Indonesia. Setelah memberikan bantuan 50 ribu rapid test gratis bagi warga pesisir, pelabuhan hingga pondok pesantren di provinsi Jawa Timur, kali ini giliran calon penumpang di pelabuhan Tanjung Emas Semarang yang beruntung mendapatkan fasilitas rapid test covid-19 gratis dari Pelindo III.

Dengan memberlakukan protokol kesehatan Covid-19 ketat dan di bantu oleh petugas keamaan dari TNI/Polri, Jum’at sore tim medis dari RS PHC dan KKP setempat serta gugus tugas Covid-19 pemerintah daerah Semarang melayani rapid tes satu persatu calon penumpang di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Sebanyak 2 ribu alat rapid test gratis telah di siapkan untuk melayani rapid test para calon penumpang.

CEO Pelindo III Regional Jawa Tengah, Arief Prabowo menjelaskan, rapid test gratis yang di selenggarakan di pelabuhan Tanjung Emas Semarang ini merupakan rangkaian kegiatan bantuan 50 ribu rapid test gratis yang diselenggarakan oleh Pelindo III kepada masyarakat maritim, kampung nelayan, warga di pelabuhan hingga pondok pesantren. Hal ini bertujuan mendukung program pemerintah memetakan dan memutus penyebaran Covid-19 sekaligus membantu masyarakat maritim melakukan pendeteksian dini kesehatan mereka di tengah pandemi.

“Dua ribu rapid gratis ini adalah merupakan program CSR kami yang kita berikan kepada para penumpang kapal karena transmisi penyebaran covid lewat laut sama besarnya dengan melalui udara, dan kebanyakan para penumpang kapal ini kurang mampu secara biaya untuk melakukan rapid test secara mandiri,” tegasnya

“Selanjutnya nanti rencananya akan ada juga rapid test gratis untuk pekerja bongkar muat dan supir truk sejumlah 1000 rapid test gratis,” tambahnya.

Dikesempatan yang sama Kepala KSOP Semarang, Junaidi menyampaikan apresiasinya kepada Pelindo III yang telah menggelar program rapid tes gratis di Pelabuhannya, menurutnya bantuan dari Pelindo III sangat bermanfaat bagi pihaknya dalam mensosialisasikan aturan baru calon penumpang yang wajib menyertakan bukti bebas covid-19 sebelum berpergian. Selain itu juga membantu pemerintah setempat mencegah penyebaran Covid-19 di wilayahnya.

“Bantuan pelindo 3 ini sangat membantu kami untuk mentaati peraturan pemerintah terkait calon penumpang yang harus memiliki dokumen bebas covid sedangkan untuk para pegawai pelabuhan dan awak kapal telah dilakukan test dan semuanya negatif,” Ujar Junaidi.

Sementara itu Mohammad Sodik (50 Tahun) salah satu calon penumpang kapal yang mengikuti rapid test Covid-19 gratis mengaku senang mendapatkan fasilitas rapid tes gratis dari Pelindo III. Menurutnya fasilitas rapid  tes tersebut memudahkan mereka melengkapi persyaratan berpergian sekaligus memantau kondisi kesehatan mereka di masa pandemi.

“Bantuan rapid test dari Pelindo III ini sangat bermanfaat buat kami khususnya calon penumpang karena saat ini kan ada syarat harus menyertakan bukti bebas Covid-19 sebelum berpergian jadi memudahkan kami para calon penumpang, selain itu juga kami bisa terus memantau kondisi kesehatan kami di tengah pandemi ini,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here