Pembangunan Tol Bawen-Jogja Dipastikan Jalan Terus

Sebuah mobil melaju di Jembatan Tuntang, Tol Bawen-Salatiga, Tuntang, Kabupaten Semarang. ANTARA/Aditya Pradana Putra

SEMARANG- Proyek pembangunan jalan tol Semarang-Yogyakarta dipastikan tetap akan berjalan. Meski awalnya menimbulkan polemik karena DPRD Jawa Tengah menolak rencana pembangunan tol tersebut, namun rencana pembangunan proyek tol yang menjadi proyek nasional itu tidak dibatalkan.

“Jadi, itu tetap berjalan. Kan kemarin ada penolakan karena katanya faktor kegempaan, setelah kita cek ternyata daerah yang dilalui tidak berada di daerah rawan gempa. Kemudian alasan kedua soal lahan subur, setelah dicek ternyata mayoritas lahan di sana itu tadah hujan,” kata Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Selasa (23/10).

Ganjar menegaskan, jika proyek pembangunan tol tersebut tetap terlaksana. Sebab selain sudah menjadi proyek nasional, sampai saat ini belum ada alternatif lain.

“Jika alternatifnya kereta api, itu belum ada project atau dorongan kita untuk melakukan itu, yang sudah ada hanya reaktivasi,” tegasnya.

Selain itu, saat Musrembangnas, pihaknya juga mengaku sudah menyampaikan terkait proyek jalan tol itu. Dan pihak Pemprov DI Yogyakarta pun sudah menyetujui. Mengingat data yang tak sama, pihaknya siap duduk bersama DPRD Jawa Tengah untuk merapikan data.

“Kalau itu memang bahaya sekali, saya juga oke untuk memindahkan. Kita carikan tempat lain yang tidak mengganggu,” tambahnya.

Ganjar melanjutkan, jika jalan tol Semarang-Jogja adalah program strategis nasional. Mengenai rute yang dilalui, jika mengganggu RTRW bisa dilakukan penataan ulang.

“Itu tetap jalan, soal nanti lewat mana, kalau memang mengganggu RTRW akan kita tata ulang,” tutupnya.

Seperti diketahui, rencana pembangunan proyek tol Semarang-Yogyakarta sempat mendapat penolakan dari DPRD Jawa Tengah.

Penolakan itu didasari alasan jika jalur tol tersebut tidak sesuai dengan RTRW. Alasan lain karena keberadaan tol akan mengurangi lahan pertanian produktif. Selain itu, jalur tol juga dianggap berada di jalur rawan gempa. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here