Ekonomi BisnisPemkot Diminta Tindak Pengembang Perumahan yang Serobot Daerah Hijau

Pemkot Diminta Tindak Pengembang Perumahan yang Serobot Daerah Hijau

-

- Advertisment -spot_img

Ilustrasi/istimewa.

SEMARANG – DPRD meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melakukan penindakan ke pengembang nakal yang menggunakan daerah hijau untuk kawasan perumahan.

Anggota Komisi A DPRD Kota Semarang, Hermawan Sulis menyayangkan masih adanya pengembang di Semarang yang membangun perumahan di zona hijau, padahal daerah tersebut merupakan kawasan terlarang.

Ia pun menemukan, masih adanya pengembangan perumahan di daerah Mijen maupun Gunungpati yang merupakan daerah hijau.

“Pemerintah harus bersikap tegas terutama di daerah hijau, jangan sampai disalah gunakan oknum pengembang yang mengunakannya untuk perumahan,” kata Hermawan, dari Fraksi Partai Gerindra itu, Senin (24/2/20).

Dia mengatakan, daerah hijau harus dikembalikan sebagaimana aturan tata ruang, menjadi kawasan resapan sehingga bisa mengurangi banjir serta longsor, terutama yang berada di perbukitan.

“Di Gunungpati kemudian Mijen ini sudah ada yang dialih fungsikan ke perumahan. Kami ingin pemerintah tegas, jangan jadikan lahan hijau ini alih fungsi ke perumahan,” ujarnya.

Dia melanjutkan, curah hujan yang tinggi di Kota Semarang ini perlu diwaspadai. Pemerintah diminta siaga terhadap potensi bencana banjir maupun tanah longsor.

Masyarakat, kata dia juga harus waspada dan jangan membuang sampah sembarangan agar tidak menyumbat aliran sungai maupun gorong-gorong yang bisa menjadi penyebab genangan.

Disebutnya, langkah Pemkot Semarang untuk mengatasi banjir sudah cukup baik, namun masih ada sejumlah wilayah yang tergenang banjir sehingga perlu diperhatikan.

“Kemarin masih ada kendala di Tlogosari, pemerintah sudah menyiapkan pompa namun sosialisasi ke masyarakat perlu diintensifkan. Masyarakat disadarkan tidak membuang sampah, karena dari tiga pompa, satunya rusak karena tersumbat sampah,” pungkasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

BMW Astra Roadshow Berikan Penawaran Khusus di Sepuluh Kota

JAKARTA - Sambut bulan Ramadan, BMW Astra berikan berbagai penawaran khusus selama 23 - 25 April 2021 di sepuluh...

XL Axiata Tebar Dividen Rp 339,4 Miliar

JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) pada hari ini, Jumat (23/4) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan...

BPOM Sidak Pasar Tradisional di Banyumas

PURWOKERTO- Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kabupaten Banyumas, Kamis (22/4/2021) mengadakan inspeksi mendadak (sidak) ke berbagai pasar tradisional...

Kanwil DJP Jawa Tengah I Optimis Capai Target

SEMARANG - Pada masa new normal, Kanwil DJP Jawa Tengah I mencatat kinerja penerimaan pajak yang relatif menggembirakan....
- Advertisement -spot_imgspot_img

Sambut Lebaran, Bisnis Elektronik Makin Bergairah

*Global Elektronik Gelar Pameran SEMARANG - Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan akan positif pada kuartal III-2021 mendatang. Hal ini dapat dicermati...

Gmedia Hadirkan Geisler Play Home Karaoke

PT. Media Sarana Data (Gmedia) merupakan perusahaan berkembang yang bergerak dibidang teknologi informasi, tidak berhenti untuk terus berinovasi dengan...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda