Pemprov Jateng Luncurkan Perpanjangan STNK Online

Istimewa.

SEMARANG- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah resmi me-launching Perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) secara Online.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berharap, dengan peluncuran sistem itu masyarakat mendapat kemudahan dalam pembayaran pajak kendaraan.

“Nanti orang yang bayar pajak setiap tahun tidak perlu datang ke Samsat. Mereka cukup menggunakan gadget-nya dan bisa membayar,” kata Ganjar, Minggu (25/11).

Gubernur menjelaskan saat ini tingkat pembayaran pajak kendaraan di Jawa Tengah cukup bagus, meski masih ada yang belum menunaikan kewajibannya karena lupa, berhenti, atau bahkan sengaja tidak membayar. Untuk itu pihaknya terus mendorong pembayaran pajak kendaraan sampai ke level desa.

“Ini akan dijadikan contoh nasional. Semoga semuanya nanti akan mudah membayar. Kita akan bekerja sama dengan Babinkamtibmas dan Babinsa,” ungkap mantan anggota DPR RI ini.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) Provinsi Jawa Tengah Ihwan Sudrajat mengatakan, tingkat kepatuhan pajak kendaraan untuk tahun ini berjalan cukup bagus karena mencapai 94%.

“Target untuk PKB (pajak kendaraan) dan BBNKB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) Rp 7,2 triliun. Untuk PKB Rp 4 triliun, BBNKB mencapai Rp 3,2 triliun. Realisasi 94%. Saat ini kontribusi pajak kendaraan bermotor di daerah mencapai 38%. Kalau ditambah bea balik nama sebesar 65%,” terangnya. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here