Ekonomi BisnisPenurunan Harga Tiket Pesawat Bisa Pacu Kunjungan Wisatawan ke...

Penurunan Harga Tiket Pesawat Bisa Pacu Kunjungan Wisatawan ke Jateng

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG- Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Jawa Tengah menyebut, penurunan harga tiket sejumlah maskapai penerbangan akan berdampak positif terhadap industri pariwisata di Jawa Tengah.

Ketua ASITA Jateng, Joko Suratno mengatakan, penurunan harga tiket tersebut menjadi hal positif karena dapat memacu peningkatan kunjungan wisatawan ke suatu daerah, khususnya di Jateng. Namun demikian, pihaknya menyoroti harga tiket yang sebelumnya sempat melambung.

“Penurunan harga tiket ini menjadi hal yang positif, karena kalau aksesbilitasnya lancar tentu ini akan berdampak positif terhadap pariwisata di jateng. Di Jateng ada dua bandara yang potensial yakni bisa melalui Semarang, Solo dan satu bisa lewat Jogja,” kata Joko, Senin (14/1).

Sejauh ini, lanjutnya infrastruktur penunjang objek wisata di Jateng cukup baik, beberapa diantaranya sudah cukup nyaman. Namun, diakuinya masih perlu adanya peningkatan karena kenyamanan menjadi kunci utama ketertarikan wisatawan.

“Infrastruktur yang ada sudah cukup bagus, jalan-jalannya sudah bagus dan lainnya. Namun dibeberapa lokasi masih perlu ditingkatkan agar wisatawan bisa lebih nyaman,” ucapnya.

Adapun objek wisata Jateng yang menjadi primadona menurutnya, masih didominasi Candi Borobudur, Dieng dan Karimunjawa. Untuk itu pembenahan dan promosi musti ditingkatkan supaya kian memikat calon wisatawan.

“Jateng yang masih jadi daya tarik sama seperti Candi Borobudur, Karimunjawa dan Dieng. Kalau transit penginapan ada yang di Solo, Semarang dan sekitarnya,” jelasnya.

Sementara diberitakan sebelumnya, Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional atau Indonesia National Air Carrier Association (INACA) sepakat untuk menurunkan harga tiket pesawat hingga 60%. Kebijakan tersebut sebagai respon atas keluhan publik terhadap mahalnya harga tiket pesawat meski musim libur telah usai.

Rentang penurunan harga tiket domestik adalah 20-60%. Namun, penurunan harga tiket tetap menyesuaikan kebijakan maskapai masing-masing.

Adapun beberapa tarif penerbangan domestik yang turun sejak Jumat (11/1) lalu, antara lain untuk rute Jakarta-Denpasar, Jakarta-Yogyakarta dan Bandung-Denpasar, Jakarta-Surabaya.

Dan mulai Minggu (13/1) atau Senin, maskapai juga akan menurunkan harga tiket penerbangan untuk rute domestik lainnya. Contohnya Jakarta-Padang, Jakarta Pontianak, dan Jakarta-Jayapura. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Pembelian Tiket KA untuk Keberangkatan Mulai 26 Oktober Wajib Gunakan NIK

SEMARANG - Calon pelanggan yang akan membeli tiket kereta api jarak jauh untuk keberangkatan mulai 26 Oktober 2021 wajib...

Marimas dan Pemkot Semarang Bangun Taman Parkour di Lamper Tengah

SEMARANG - Dalam upaya mendukung Program Pemerintah Kota Semarang meningkatkan Ruang Terbuka Hijau, PT. Marimas Putera Kencana turut terlibat...

Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Naik Kereta Api, Ini Syaratnya

SEMARANG - Mulai 22 Oktober 2021, anak-anak usia dibawah 12 tahun kembali diperbolehkan naik kereta api setelah sebelumnya dilarang. Aturan...

Pengusaha Makin Sadar Pakai Dexlite

SEMARANG– Kesadaran penggunaan Dexlite sebagai bahan bakar minyak (BBM) ramah lingkungan dengan emisi pembakaran yang rendah di kalangan pengusaha...
- Advertisement -spot_imgspot_img

XL Axiata dan Vision+ Luncurkan Paket Bundling

JAKARTA- PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus memperkuat bisnis layanan Over The Top (OTT) dan layanan hiburan, seiring...

PLN Gelar PLN Mobile Virtual Charity Run and Ride

JAKARTA– PLN kembali menggelar kegiatan virtual charity run and ride pada 16 Oktober s.d. 7 November 2021. Virtual Charity...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda