UmumPendidikanPerguruan Tinggi Didorong Lakukan Penelitian Sesuai Rencana Induk Riset...

Perguruan Tinggi Didorong Lakukan Penelitian Sesuai Rencana Induk Riset Nasional

-

- Advertisment -spot_img

Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat, Kemenristek Dikti, Prof Dr Ocky Karna Radjasa, MSc saat memberikan paparan dalam FGD ‘Pengembangan Penelitian, Publikasi dan Inovasi dalam rangka Meningkatkan Pemeringkatan UNNES’, di Ruang Borobudur LPPM UNNES, Senin (12/8/19).

SEMARANG – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mendorong perguruan tinggi melakukan penelitian sebagaimana tema-tema riset yang ada pada Rencana Induk Riset Nasional (RIRN).

Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat, Kemenristek Dikti, Prof Dr Ocky Karna Radjasa, MSc mengatakan, hasil riset yang dapat dimanfaatkan masyarakat secara luas saat ini hanya sedikit. Oleh karena itu, pemerintah mendorong sembilan tema prioritas riset untuk kebijakan riset nasional 2020-2025.

“Hasil-hasil riset tersebut akan diarahkan pada penghiliran sehingga akan lebih banyak riset level terapan dan pengembangan tanpa meninggalkan riset dasar,” katanya dalam FGD ‘Pengembangan Penelitian, Publikasi dan Inovasi dalam rangka Meningkatkan Pemeringkatan UNNES’, di Ruang Borobudur LPPM UNNES, Senin (12/8/19).

Pihaknya menyebutkan, saat ini juga ada terminologi baru Technology Readiness Level (RTL) yang mulai digunakan dalam memetakan keinginan riset yang dikaitkan dengan tingkat kesiapan teknologinya dalam rangka mendukung program hilirisasi dan komersialisasi hasil riset.

Pihaknya berharap dengan pentingnya peran penelitian di perguruan tinggi, Unnes perlu mendorong terbangunnya sistem inovasi daerah dan nasional yang dapat memberikan jawaban atas berbagai persoalan daerah, nasional maupun global.

“Sesuai dengan kapasitasnya dan dilandasi oleh kepentingan nasional, UNNES bisa mengembangkan pusat-pusat unggulan dengan memanfaatkan kepakaran yang ada di berbagai fakultas dengan fokus tertentu, baik berbasis sektor, komoditas, maupun isu strategis nasional, dengan melibatkan berbagai disiplin keilmuan,” ujarnya.

Dikatakan, hasil penelitian yang ada juga perlu diubah menjadi inovasi dengan melakukan komersialisasi berupa kerjasama dengan mitra industri atau pemerintah daerah dalam upaya untuk turut serta menyejahterakan masyarakat dan membangun perekonomian Indonesia.

Menurutnya, sebuah temuan yang tidak dikomersialisasikan bukan merupakan inovasi teknologi, melainkan merupakan invensi teknologi.

“Berbagai program pengembangan kewirausahaan dengan industri mitra dan pemerintah daerah harus berlandaskan kepada inovasi teknologi mengingat bahwa kemajuan sebuah negara tidak dapat dicapai tanpa pembangunan ekonomi yang berlandaskan pada teknologi dan pengetahuan,” ucapnya.

Sementara itu, kegiatan FGD tersebut turut diikuti sedikitnya 260 peneliti dan pengabdi baik dari sumber dana DRPM maupun DIPA PNBP UNNES.

Dalam kegiatan tersebut turut disosialisasikan sistem baru di LPPM UNNES yaitu Simppel-Mas (sistem informasi pencairan dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat).

Sistem ini dikembangkan dalam rangka untuk meningkatkan layanan pencairan dana penelitian dan pengabdian. Sistem yang berbasis kebutuhan ini menuntut peneliti dan pengabdi untuk mengajukan pencairan dana penelitian dan pengabdiannya secara mandiri. Diharapkan melalui SIMPPEL-Mas dapat meningkatkan kinerja lembaga khususnya Subbag. Keuangan LPPM UNNES. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

ARTUGO Luncurkan Peranti Dapur Dengan Spesifikasi Istimewa

*Dukung Wirausaha Pemula TANGERANG- Diujung semester pertama tahun 2021, ARTUGO kembali meluncurkan sederet peranti dapur terbarunya. Tak tanggung – tanggung,...

Pertamina Berbagi Berkah Bulan Ramadhan

*Bantu Sarana Prasarana Panti Asuhan di Jateng-DIY SEMARANG– Sebagai bentuk tanggung jawab sosial, Pertamina Regional Jawa Bagian Tengah menjalankan program...

Lebaran di Pekalongan Aja Menginap di Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Lebaran Sebentar lagi. Hari yang di identikan dengan kemenangan umat muslim di seluruh dunia yang selalu di...

Pertamina Siagakan Agen dan Pangkalan LPG

*Jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H SEMARANG– Menyambut Idul Fitri 1442 H, Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah menetapkan...
- Advertisement -spot_imgspot_img

PLN Berikan Bantuan Listrik Gratis di Jawa Tengah

SEMARANG - PLN memberikan bantuan penyambungan listrik gratis kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah Jawa Tengah. Bantuan...

Pakai Smartfren di Realme C21 Ada Bonus Kuota 384 GB Hingga Hadiah Smart TV

JAKARTA - Smartfren kembali menghadirkan paket bundling terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kali ini pelanggan yang membeli smartphone Realme...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda