PeristiwaPertamina MOR IV Terus Hijaukan Pesisir Semarang

Pertamina MOR IV Terus Hijaukan Pesisir Semarang

-

- Advertisment -spot_img
SEMARANG – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV bersama Integrated Terminal Semarang melaksanakan kegiatan penanaman mangrove dan clean up day yang berada di Kampung Tambakrejo, Tanjung Mas, Semarang Utara pada Sabtu, (7/12).
Kegiatan diawali dengan bersepeda  (gowes) dari kantor Pertamina MOR IV Semarang menuju Tambakrejo, Semarang Utara. Kegiatan dilanjutkan dengan peresmian balai eduwisata mangrove Pertamina dan penyerahan satu unit perahu wisata kepada masyarakat serta penanaman 5.000 bibit mangrove.
Penyerahan bantuan diberikan langsung oleh Iin Febrian selaku General Manager Pertamina MOR IV kepada Kelompok Peduli Lingkungan CAMAR (Cinta Alam Mangorve Asri dan Rimbun) yang merupakan kelompok binaan Pertamina. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 150 orang yang terdiri dari Akademisi Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, Komunitas Lindungi Hutan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Semarang dan pemerintah setempat.
Iin menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian hari jadi PT Pertamina (Persero) yang ke-62 dan merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada lingkungan dan masyarakat.
“Penyaluran program CSR ini merupakan bentuk komitmen Pertamina untuk terus melestarikan lingkungan dan memberdayakan masyarakat atau dalam hal ini kawasan Tambakrejo yang merupakan bagian dari wilayah operasi Pertamina MOR IV terutama Fuel Terminal Pengapon.
Selain berfokus pada pelestarian lingkungan, kami mengembangkan potensi lainnya yaitu menjadikan  wilayah ini sebagai salah satu pilihan destinasi wisata dengan Program Mangrove Edupark. Hal tersebut selaras dengan program pemerintah Kota Semarang yang akan menjadikan wilayah Tanjung Mas sebagai kampung bahari,” Terang Iin.
Tambakrejo merupakan salah satu desa binaan Pertamina Integrated Terminal Semarang yang sering kali mengalami banjir dan musibah rob akibat terjangan ombak laut yang cukup besar. Dengan adanya kawasan hutan mangrove yang berada di Utara Kampung Tambakrejo, kini Kampung Tambakrejo sudah menjadi wilayah yang aman dari banji rob (air laut pasang). Kawasan hutan bakau tersebut dapat ditempuh selama delapan menit dengan menggunakan perahu.
 “Sejak 2011 hingga saat ini secara terus menerus dan berkesinambungan Pertamina bersama kami turut serta untuk melakukan kegiatan pelestarian lingkungan atau dalam hal ini pelestarian kawasan mangrove. Kami selaku kelompok binaan Pertamina sangat berterimakasih kepada atas komitmen dan dukungannya kepada masyarakat dan lingkungan Tambakrejo” Terang Muhammad Yazid selaku salah satu pegiat Kelompok Peduli Lingkungan CAMAR.
Adapun bantuan CSR yang diberikan oleh Pertamina MOR IV antara lain pembangunan balai eduwisata mangrove yang akan digunakan sebagai pusat edukasi mangrove, 1 unit perahu wisata, sarana dan fasilitas operasional serta 25.000 bibit mangrove yang ditanam secara bertahap.
Terhitung sejak tahun 2011 hingga saat ini terdapat kurang lebih 200 ribu bibit mangrove yang sudah diberikan oleh Pertamina kepada kelompok peduli lingkungan CAMAR. Selain itu Pertamina bekerja sama dengan berbagai instansi seperti komunitas, akademisi, POLRI dan TNI serta instansi pemerintah untuk turut serta dalam kegiatan pelestarian lingkungan ini.
Sebagai Badan Usaha Milik Negara, PT Pertamina (Persero) memiliki program CSR yang bergerak pada 4 pilar yaitu pendidikan, kesehatan, kemandirian dan lingkungan. Jika ada masyarakat yang membutuhkan informasi atau memberikan masukan dan saran dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau melalui website www.pertamina.com. (zp/04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Ramadan Kareem ala Patra Semarang

SEMARANG -  Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh umat muslim, salah satu momen yang paling dinanti setelah seharian...

JNE Berikan Promo Berlimpah di Bulan Ramadhan 2021

SEMARANG – Bulan Ramadhan telah tiba, seluruh masyarakat menyambut antusias dengan tradisi untuk saling berbagi kepada keluarga dan kerabat....

3Second Buka Gerai Baru di Kota Semarang dengan Konsep Family Store

SEMARANG - 3Second kembali melebarkan sayap dengan membuka Store terbarunya berkonsep Family Store di Kota Semarang, Jawa Tengah. 3Second Family Store yang berada di...

LG Borong 31 Red Dot Award

JAKARTA- Tak hanya dari inovasi, kepiawaian LG dalam meramu produk elektroniknya juga menyentuh hingga penciptaan desain yang mengesankan. Sebagai...
- Advertisement -spot_imgspot_img

CIMB Niaga Perkuat Kapabilitas OCTO Mobile Jadi Super App

JAKARTA- Seiring meningkatnya aspirasi nasabah terhadap layanan finansial berbasis digital, perbankan terus berinovasi meningkatkan kapabilitas platform digitalnya, sehingga dapat...

PGN Siapkan Pasokan dan Infrastruktur Gas Bumi di Jawa Tengah

JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk dan PT Jateng Petro Energi (Perseroda) (JPEN) telah melakukan penandatanganan Memorandum of...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda