Pertamina Siapkan Satgas BBM dan LPG Hadapi Natal dan Tahun Baru 2020

General Manager Pertamina MOR IV, Iin Febrian saat memberikan keterangan kepada wartawan terkait persiapan PT Pertamina menghadapi Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Rabu (11/12/19).

SEMARANG – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jawa Tengah dan DIY melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi perayaan Natal 2019 dan Tahu Baru 2020.

General Manager Pertamina MOR IV, Iin Febrian mengatakan, Pertamina saat ini telah membentuk satuan tugas (Satgas) sejak jauh-jauh hari untuk mengoptimalkan penyaluran BBM dan LPG.

“Pertamina membentuk satgas yang akan dimulai pada 18 Desember 2019 hingga 8 Januari 2020 untuk mengoptimalkan penyaluran BBM di Jawa Tengah,” ujar Iin saat jumpa pers, Rabu (11/12/19).

Ia menjelaskan, kesiapan Satgas Pertamina MOR IV di tahun ini mendapat tantangan baru karena tahun ini, arus wisatawan yang akan datang ke wilayah Jawa Tengah menggunakan jalur darat diprediksi akan lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

“Semenjak dibukanya tol Trans Jawa, wilayah kerja Pertamina MOR IV di Jawa Tengah menjadi salah satu destinasi favorit bagi masyarakat yang ingin berlibur akhir tahun karena dapat dijangkau dengan mobil pribadi secara cepat. Selain menambah stok, kami juga mengoptimalkan pelayanan BBM dan LPG di seluruh wilayah operasional,” tambahnya.

Ia menambahkan, untuk pelayanan di jalan tol trans Jawa (utara), Pertamina menyiapkan sebanyak 21 titik pelayanan BBM yaitu sebanyak 6 titik kios Mobile Dispencer, 4 titik kios kemasan, 4 titik SPBU modular dan 7 titik SPBU regular. Sedangkan untuk di jalur selatan Pertamina akan menyediakan 2 titik kios kemasan dan 2 Pertashop.

Dilanjutkannya, berbagai strategi-strategi memperkuat ketahanan distribusi yang dilakukan adalah dengan menyiagakan selama 24 jam suplai point BBM yaitu 7 Terminal BBM (fuel terminal) dengan didukung sebanyak 458 Armada Mobil Tangki.

Adapun di wilayah Jawa Tengah sendiri, lanjutnya diperkirakan konsumsi BBM akan naik 15% dari 11.084 Kiloliter menjadi 12.698 Kiloliter.

Di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta secara total akan dilakukan penambahan stok BBM sebanyak 7,9% dari rataan harian normal sebesar 3.867 Metric Ton menjadi 4.174 Metric Ton.

Sedangkan untuk kesiapan stok LPG khususnya di wilayah Jawa Tengah, untuk PSO akan ditambah sebanyak 6% dari rataan normal yaitu 3.138 MT menjadi 3.326 MT dan LPG Non PSO ditambah sebanyak 30,8% dari 244 MT menjadi 319 MT.

“Secara keseluruhan kami telah siap untuk melayani konsumen BBM dan LPG serta penumpang maskapai penerbangan selama hari raya Natal dan libur tahun baru 2020,” tutupnya. (ZP/05)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here