PeristiwaPertamina Upayakan Maksimal Kirim BBM & LPG ke Karimunjawa

Pertamina Upayakan Maksimal Kirim BBM & LPG ke Karimunjawa

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG– Pertamina telah menyiapkan berbagai upaya untuk mengirimkan BBM dan LPG ke Karimunjawa, baik melalui pelabuhan Tanjung Mas Semarang maupun Pelabuhan Jepara. Pertamina akan tetap mengupayakan mana yang tercepat dan teraman untuk mengirimkan BBM dan LPG ke Karimunjawa.

“Selama semua sudah sesuai standard prosedure, standard HSSE, serta mendapatkan ijin layar dari Syahbandar, Pertamina akan segera kirimkan,” ujar Andar Titi Lestari, Manager Communication dan CSR MOR IV Jateng-DIY.

Pertamina MOR IV sendiri telah menyiapkan BBM untuk disalurkan ke Karimunjawa sejak 10 Januari 2018 lalu dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Namun, faktor cuaca menjadi kendala utama pengiriman yang mengakibatkan belum di terbitkannya Surat Ijin Berlayar oleh Syahbandar Tanjung Emas.

“Pengiriman BBM ke Karimunjawa menjadi prioritas kami saat ini, mengingat persediaan BBM di lokasi tersebut sudah menipis dan pengiriman hanya bisa dilakukan menggunakan Kapal sebagai moda transportasi,” tegasnya.

Dijelaskan, sejak 10 Januari 2018 kapal pengangkut BBM Pertamina sebenarnya sudah disiapkan. Kapal tersebut dengan muatan BBM berupa Pertalite 65 KL, Bio Solar 45 Kl, Dexlite 5 KL, total 115 Kl.

“Jumlah tesebut sudah kami optimalkan dari yang sebelumnya disiapkan hanya 75KL,” jelas Andar.

Adapun Koordinasi dengan otoritas pelabuhan Tanjung Mas, Jepara dan Karimun selalu dilakukan Pertamina untuk memantau dan memonitor kondisi cuaca, hingga mendapatkan ijin layar dari pihak Syahbandar.

Terkait dengan tempat penyimpanan atau bunker, Pertamina selama ini telah menggunakan storage tank (tanki timbun) yang ada di SPBU dengan kapasitas 90 KL dan dapat mengcover 7 hingga 10 hari. Selain itu, Pertamina akan memanfaatkan kapal pengangkut BBM untuk di gunakan sebagai floating storage dengan kapasitas 120 KL untuk meng-cover hari lebih panjang lagi.

Seperti diketahui, Faktor cuaca dan keselamatan menjadi alasan utama Syahbandar belum mengijinkan Pertamina memberangkatkan kapal yang membawa BBM dan LPG menuju KarimunJawa.

“Yang kami kirim adalah barang berbahaya dan mudah terbakar, sehingga penangannya sangat khusus. Dan kami pun tetap mentaati instruksi Syahbandar terhadap ijin layar,” imbuh Andar.

Jika Surat Ijin Berlayar sudah terbit, maka pengiriman BBM ke Karimun Jawa dipastikan bisa di lakukan pada kesempatan pertama.

“Kami tetap menjadikan pengiriman BBM ke Karimunjawa menjadi prioritas utama kami,” tutup Andar.(ZP02)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Pameran Property Expo Semarang Cetak Transaksi Rp 28 Miliar

SEMARANG - Pameran Property Expo Semarang mendapatkan hasil menggembirakan bagi para pengembang di awal tahun 2022. Pemeran perdana yang digelar...

GTSI Kembali Dikontrak BP Berau Ltd.

JAKARTA– PT GTS Internasional Tbk. (GTSI) melalui salah satu anak perusahaannya PT Hikmah Sarana Bahari (HSB) berhasil mendapatkan kepercayaan...

Empal Krispi Sajian Baru Hotel Santika Pekalongan

PEKALONGAN - Hotel Santika Pekalongan kembali mengeluarkan special menu di awal tahun 2022 ini. Menu ini sangat cocok untuk...

Smartfren Hadirkan Unlimited Terbaru, No Drama No Ribet dengan Promo Dua Kali Lebih Besar

JAKARTA –  Selaras dengan kebutuhan generasi masa kini  yang selalu keep connected ke internet, maka di awal tahun ini...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Pertamina Tegaskan WA Undian Berhadiah HOAX

SEMARANG- PT Pertamina (Persero) menegaskan, pesan berantai yang beredar melalui sejumlah saluran media seperti Whatsapp terkait undian berhadiah...

25 Konsumen Pertama di Kota Semarang Terima Honda All New BR-V

SEMARANG- Mengawali tahun 2022, Honda Semarang Center melakukan penyerahan perdana secara simbolik 25 unit All New Honda BR-V kepada...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda