PLN Konsistensi implementasi budaya K3 dan Zero Accident

Semarang –PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta menggelar acara Apel Akbar Bulan K3 Nasional 2019 pada Senin (4/2). Acara yang digelar di halaman kantor Unit Pelaksana Pendidikan dan Pelatihan (UPDL) Semarang ini dalam rangka menyambut Bulan K3 Nasional yang berlangsung sejak 12 Januari hingga 12 Februari 2019 mendatang.

Apel akbar bulan K3 nasional adalah salah satu kegiatan rutin tahunan PLN sebagai bentuk konsistensi PLN dalam implementasi budaya K3 dan zero accident.

Dengan diselenggarakannya apel ini, diharapkan PLN akan terus meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap keselamatan dan kesehatan kerja dengan melakukan langkah yang komprehensif guna mencegah terjadinya kecelakaan yang dapat merugikan kedepannya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, Agung Nugraha menekankan kepada seluruh insan PLN dan mitra kerja untuk terus meningkatkan kesadaran pentingnya K3 serta pengawasan.

Menurutnya, kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materiil, moril dan pencemaran lingkungan, namun juga dapat memperngaruhi priduktivitas dan kesejahteraan.”PLN terus konsisten mengimplimentasikan budaya K3 di seluruh lingkungan pekerjaan,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, PLN juga memberikan apresiasi berupa pemberian penghargaan untuk para petugas terbaik. Penghargaan tersebut mencakup kategori mitra kerja dengan nihil kecelakaan kerja selama tiga tahun terakhir dan patuh terhadap aturan-aturan K3, sementara untuk kategori UP3 terbaik diberikan kepada UP3 yang konsisten mengimplementasikan SMK3 di unit kerjanya masing-masing.

Selain apel dan pembagian penghargaan, peringatan bulan K3 nasional kali ini juga diisi dengan berbagai kegiatan sosial yang melibatkan masyarakat seperti donor darah, workshop K3L, dan sosialisasi program Kesehatan,Keselamatan Kerja, Kemanan dan Lingkungan (K3L) ke instansi pendidikan.

Sosialisasi program K3L sendiri dilakukan di tiga sekolah, yaitu SDN Rowosari 1, SMP 19, dan SMA 15 Semarang. Materi disampaikan langsung oleh Pejabat Pelaksana K3L dari UP3 Semarang, Lilik Sudaryanti, bersama dengan pejabat pelaksana dari UP3 Salatiga, UP3 Demak, dan UP2D Jateng dan DIY.

“Diharapkan kegiatan sosialisasi K3L kepada instansi akademik ini dimaksudkan untuk menambah wawasan para siswa dan siswi serta menumbuhkan kepedulian mereka terhadap pengelolaan lingkungan sedini mungkin,” ungkap Lilik.(Zp/04)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here