NasionalRakernas Apeksi di Semarang, Ini Pesan Mendagri

Rakernas Apeksi di Semarang, Ini Pesan Mendagri

-

- Advertisment -spot_img

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Syafruddin (kanan), Menteri dalam negeri Tjahjo Kumolo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Apeksi, Airin Rachmi Diany dan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi dalam Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Kota Semarang, Rabu (3/7/19), di PO Hotel Semarang.

SEMARANG – Sebanyak 98 Walikota di seluruh Indonesia menghadiri Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Kota Semarang, Rabu (3/7/19), di PO Hotel Semarang.

Hadir dalam perhelatan akbar tersebut, Menteri dalam negeri Tjahjo Kumolo. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara, Syafruddin, serta Airin Rachmi Diany.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dalam sambutannya menyampaikan pentingnya membangun otonomi daerah yang berbasis kearifan lokal dan bersinergi sehingga mampu menciptakan kesejahteraan di masyarakat.

“Saat ini infrastruktur di Indonesia sudah semakin baik, ini menjadi tugas kita untuk dapat memanfaatkan infrastruktur yang sudah dibangun untuk kesejahteraan kita bersama,” ujarnya.

Melalui rakernas, lanjutnya, pemerintah kota juga harus terus mengawal sisa anggaran daerahnya masing masing. Selain itu, Apeksi juga harus berperan aktif untuk mendorong anggotanya menyiapkan apa saja langkah yang di perlukan dalam merancang program program daerah.

“Penting untuk menciptakan pelayanan publik yang serba digital, cepat dan efisien sehingga seluruh masyarakat dapat terlayani dengan baik,” imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Tjahjo juga mengapresiasi pemerintah di seluruh kota di Indonesia yang mampu melaksanakan pilkada dan pilpres dengan tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi.

Terakhir dirinya berharap, melalui rakernas kali ini, pemerintah kota di  seluruh Indonesia dapat menciptakan ide , gagasan, dan terobosan terobosan dalam membangun daerahnya dan bangsa Indonesia.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, dalam momentum rakernas kali ini pemerintah kota di Indonesia mempunyai tugas yang berat pasca perhelatan pesta demokrasi pileg dan pilpres 2019.

“Sekarang tugas kita adalah mendinginkan suasana panas di bawah pasca pilkada dan pileg. Merajut kembali persatuan kesatuan, dan demokrasi.

Senada dengan Tjahjo, Ganjar juga mengimbau masyarakat Indonsesia untuk memanfaatkan infrastruktur yang telah dibangun untuk meningkatkankesejahteraan.

“Infrastruktur sudah dibangun, saatnya kita memanfaatkan apa yang sudah di bangun untuk mencipatakan kesejaheraan di masyarakat,” tuturnya.

Dalam forum ini Airin Rachmi Diany, Ketua Apeksi, mengatakan tujuan diadakannya rakernas kali ini untuk memajukan setiap kota di Indonesia.

“Lewat rakernas ini, tidak ada lagi kota yang tertinggal atau maju sendirian. Semua harus maju bersama sama,” tambahnya.

Ia juga meminta kepada seluruh pemerintah kota untuk bersama sama, berkolaborasi untuk memajukan daerahnya masing dan menciptakan kesejahteraan di tengah tengah masyarakat.

Dalam acara ini, sederet kegiatan pendukung Rakernas Apeksi XIV dan ICE XVII 2019 juga akan meramaikan kota Semarang. Kegiatan tersebut adalah Pawai Budaya, Penanaman Pohon, Ladies Program, Semarang Night Carnaval, pemilihan stan pemkot terbaik, dan suguhan hiburan musik. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

PLN UP2D Garap Pemeliharaan Kubikel GI Mranggen

SEMARANG- PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jawa Tengah dan DIY, pada Minggu (21/11/2021) telah melaksanakan kegiatan pemeliharaan rutin...

BCA Hadirkan Bakti Sosial Operasi Katarak Bersama Perdami

PURWOKERTO, 27 November 2021 – Katarak menjadi salah satu penyebab kebutaan bagi indera penglihatan yang dapat diderita siapa saja....

DPD MKGR Jawa Tengah Dukung Airlangga Hartarto Jadi Presiden

SEMARANG - Pelantikan Pengurus DPD Ormas MKGR Jawa Tengah digelar di Ballroom Hotel Santika Kota Semarang, Sabtu (27/11/2021). Sebelumnya, Musda...

SGM Eksplor Apresiasi Guru Bersama Alfamart

JAKARTA - Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui merek susu pertumbuhan SGM Eksplor bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Ada Pameran SAUTO Expo di Mal Ciputra Semarang, Deretan Mobil Baru Turut Dihadirkan

SEMARANG - Deretan mobil terbaru bakal dipamerkan dalam SAUTO Expo di atrium Mal Ciputra Semarang pada 26 November hingga...

200 Pedagang Pasar Kaliwungu Kendal Gunakan Transaksi Digital QRIS

KENDAL - Sebanyak 200 pedangang di Pasar Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah sudah menggunakan transaksi digital dengan Quick Response...

Must read

Akhir 2021, Dafam Buka 2 Hotel Baru SEMARANG- Pandemi tidak...

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda