Ekonomi BisnisREI Jateng Minta Perbankan Perlonggar KPR

REI Jateng Minta Perbankan Perlonggar KPR

-

- Advertisment -spot_img

SEMARANG – Real Estate Indonesia (REI) DPD Jateng, meminta perbankan mulai memberikan kelonggaran Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), untuk mendorong peningkatan penjualan perumahan.

Diketahui, dari laporan Bank Indonesia pada Quarter 3 2020, penyerapan perumahan mengalami penurunan hingga 30% dan secara year on year telah mencapai 60%.

Melihat kondisi ini, kalangan pengembang perumahan mulai dibuat ketar-ketir. Kondisi tersebut juga bakal berdampak pada pendapatan pajak negara.

Sekretaris DPD REI Jateng Andi Kurniawan menyebutkan, meskipun masih dalam kondisi pandemi Covid-19, permintaan perumahan sebenarnya masih cukup tinggi. Hanya saja lanjut dia, realisasinya masih sangat kecil.

Hal itu menurut dia, karena sulitnya mendapatkan KPR dari perbankan. Kalangan perbankan sampai saat ini masih begitu ketat dalam memberikan KPR.

“Karena pandemi, perbankan memang saat ini masih sangat selektif dalam memberikan KPR, dan ini menjadi salah satu kendala bagi penyerapan perumahan,” katanya disela-sela pembukaan Expo Property ke 6 di Mal Paragon, Semarang.

Dikatakannya, meski kondisi saat ini masih pandemi namun perekonomian sudah mulai mengalami perbaikan diberbagai sektor. Namun demikian, kalangan perbankan nampaknya masih mencari jalan aman, dengan hanya memberikan KPR kepada mereka yang memiliki fix income.

“Padahal tidak sendikit mereka yang tidak memiliki fix income, memiliki kemampuan untuk melakukan pembayaran cicilan, namun oleh bank sampai saat ini belum diberikan. Terlebih juga masih belum mau memberikan KPR kepada calon pembeli yang menerima bantuan akibat pandemi Covid-19,” jelasnya.

Oleh karena itu, untuk mendorong pertumbuhan perumahan, REI meminta perbankan mengembalikan mekanisme pemberian KPR seperti dulu lagi dan minta analisisis KPR diperlonggar agar masyarakat yang membutuhkan rumah bisa mendapatkan rumah yang diinginkan,” tandasnya.

Sementara itu terkait dengan pameran Property Expo ke 6 di Mal Parangon berlangsung mulai 13 November sampai 29 November mendatang.

Ketua Pelaksanana pameran Dibya K Hidayat menyebutkan, untuk pameran kali ini diikuti oleh 10 pengembang. Semua merupakan pengembang perumahan menangah ke atas yang ada di Kota Semarang.

“Saat ini kondisinya masih up and down, jadi kami belum berani menargetkan penjualan selama pameran,” tutupnya.(zav)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest news

Kinerja XL Axiata Kembali Tumbuh di Kuartal Ke-2 2021

JAKARTA - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali berhasil meraih pertumbuhan kinerja di sepanjang kuartal kedua 2021. Prestasi...

BEI Ajak Investor Pasar Modal Berinvestasi Sekaligus Menolong Sesama

JAKARTA – Self-Regulatory Organization (SRO) yang terdiri dari PT  Bursa  Efek  Indonesia (BEI),  PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI)...

Kesadaran Masyarakat Gunakan BBM Ramah Lingkungan Makin Tinggi

SEMARANG- Kesadaran masyarakat dalam menggunakan BBM ramah lingkungan semakin besar. Kondisi tersebut terlihat dari volume konsumsi Pertamax di Jawa...

PGN Salurkan Oksigen 50 Tabung Untuk Rumah Sakit Di Probolinggo

Jakarta – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) kembali menyalurkan bantuan oksigen medis untuk penanggulangan COVID-19 melalui Program Pertamina...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Buka Rekening Tabungan Permata Bisa Lewat Aplikasi Moxa

JAKARTA- Setelah diluncurkan di Maret 2021, Moxa sebagai aplikasi penyedia produk keuangan digital milik dari Astra Financial bersama PermataBank...

SIG Bukukan Kenaikan Laba 29,7%

JAKARTA- PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) pada semester 1 tahun 2021 berhasil membukukan laba yang dapat diatribusikan kepada...

Must read

Grab Hadirkan Protect dan Cleaning Station

  SEMARANG- Wacana untuk masuk dalam 'kebiasaan baru' atau yang...

PGSI Jateng Ajak Masyarakat Tingkatkan Kepedulian Sosial Hadapi Corona

  SEMARANG - Ketua Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI)...
- Advertisement -spot_imgspot_img

Berita TerkaitTERKINI
Rekomendasi untuk Anda