Rumah Zakat Action Lakukan Evakuasi untuk Korban Banjir Samarinda

one-stop-property-new

SAMARINDA – Rumah Zakat Action melakukan proses evakuasi terhadap korban banjir di Samarinda pada Senin, (9/6). Selain itu, Rumah Zakat Action pun menyalurkan 250 paket Superqurban dan 300 nasi bungkus kepada korban.

Banjir tersebut diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi sejak empat hari berturut-turut, sehingga merendam ribuan rumah warga. Sejumlah warga sebagian sudah ada yang mengungsi di beberapa titik pengungsian yang sudah disediakan.

Menurut data BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Kalimantan Timur per Senin (10/6) pukul 10.00 WITA, banjir yang terjadi berdampak pada rumah warga dan fasilitas umum. Di antaranya berdampak pada 10.000 jiwa, 10.000 rumah warga dan 10 hektar sawah terendam, dan berdampak pada empat kecamatan.

“Kondisi terkini rumah warga masih terendam. Alhamdulillah sudah terdapat dapur umum, namun akses masih sangat sulit karena harus menggunakan kendaraan tinggi,” ujar Yazid, Relawan Rumah Zakat Action.

Adapun kebutuhan mendesak yang diperlukan warga saat ini salah satunya adalah peralatan memasak untuk keperluan di dapur umum. Selain itu juga para korban banjir Samarinda saat ini membutuhkan pakaian, kebutuhan balita, peralatan ibadah, sekolah, obat-obatan, hygiene kit, dan perahu karet. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here