Rumah Zakat Dirikan Kampung Kreatif di Batang

BATANG – Meningkatkan perekonomian warga, Rumah Zakat mendirikan Kampung Kreatif di Desa Berdaya Simbangdesa, Batang. Salah satu kegiatan pemberdayaannya adalah bergerak di bidang ekonomi kreatif seperti menggambar, membuat furniture, dan memproduksi film.

“Tahun 2017 saya mengumpulkan sekelompok pemuda untuk bergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Sejahtera Jaya. Mereka diajak berkreasi dengan limbah-limbah drum bekas. Limbah drum bekas ini mereka sulap menjadi meja dan kursi yang ternyata cukup menarik,” kata Bachtiyar, Fasilitator Desa Berdaya Simbangdesa, Jumat (22/11/19).

Sebagian besar warga di Desa Simbangdesa memiliki usaha pengelasan, itulah yang mendasari Bachtiyar membuat program pemberdayaan ekonomi yang berbasis kreativitas untuk para pemuda di desanya. Selain itu banyaknya limbah drum di wilayah Batang  juga menjadi alasan tersendiri mengapa Bachtiyar mengembangkan usaha furniture.

Kreativitas para pemuda di Desa Berdaya Simbangdesa ternyata tidak hanya dalam keahlian mengelas, tapi juga dalam menggambar dan membuat karya film. Kelompok pemuda yang membuat film ini tergabung dalam Kampoenk Pro atau Kampung Production.

“Alhamdulillah karya film karya pemuda di sini diapresiasi warga hingga pemerintah desa. Saat ini mereka banyak menggarap iklan-iklan untuk usaha maupun profil desa di sekitar Batang., salah satunya video profil Desa Kaliboyo dan video profil Kampung Jawa,” jelas Bachtiyar. (ZP/07)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here