Sejumlah Wilayah Kekeringan, Rumah Zakat Salurkan 750 Ribu Liter Air Bersih

YOGYAKARTA – Menurut Data BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Yogyakarta, musim kemarau di tahun 2019 melanda 10 kecamatan dari 18 kecamatan di Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta. Menanggapi hal tersebut, Rumah Zakat mendistribusikan 750rb liter air bersih di daerah Gunung Kidul dan Kulon Progo.

Adapun kecamatan yang mengalami kekeringan di daerah Gunung Kidul di antaranya, Kecamatan Purwosari, Tepus, Ngawen, Ponjong, dan Panggang. Sedangkan di wilayah Kulon Progo, di antaranya Kecamatan Kalibawang, Sentolo, Samigaluh, dan Nanggulan.

“Sampai saat ini Rumah Zakat sudah mendistribusikan sebanyak 150 tangki atau sekitar 750rb liter. Sebanyak enam tangki dilepas secara simbolis di halaman Balai Kota untuk disalurkan di empat wilayah Gunung Kidul,” kata Warnitis, Branch Manager Rumah Zakat, Rabu (4/9/19).

Sementara itu, Septi Sri Rezki selaku Staf Ahli Wali Kota Yogyakarta di Bidang Perekonomian menyatakan, permasalahan saat musim kemarau tidak hanya berdampak pada aspek ekologis. Menurutnya, hal tersebut juga bisa berdampak pada aspek ekonomi, medis, dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi permasalahan sosial karena berebut air bersih.

“Saya mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada para donatur Rumah Zakat yang sudah peduli terhadap masyarakat. Dengan adanya air bersih ini sangat membantu kami,” pungkasnya. (ZP/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here